Ini Dampaknya Bila Sering Menunda Buang Air Kecil

Ilustrasi menahan buang air kecil. (Freepik)
Ilustrasi menahan buang air kecil. (Freepik)

Radarsampit.com – Buang air kecil atau kencing merupakan suatu hal yang alami. Tubuh biasanya akan menghilangkan sisa dan limbah produk yang tidak diperlukan melalui urin.

Air seni dibentuk dengan melibatkan beberapa organ seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Kandung kemih ini mempunyai saraf yang menghubungkan dengan otak, jadi Anda akan merasa ingin buang air kecil.

Bacaan Lainnya

Buang air kecil sebaiknya disegerakan, karena kebiasaan menahannya dapat berefek buruk pada kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Indonesiabaik, berikut bahaya dari menahan kencing terlalu lama:

1. Infeksi Saluran Kemih
Membuang air seni ini bertujuan untuk membuang racun dari dalam tubuh, jika membiarkannya terlalu lama maka akan membiarkan bakteri berkembang di salam sana. Akibatnya adalah munculnya penyakit infeksi kandung kemih.

Apabila infeksi saluran kemih terjadi pada anak-anak ditandai dengan tidak nafsu makan, diare atau demam. Maka anak-anak perlu untuk diedukasi agar tidak menahan buang air kecil.

2. Kandung Kemih Menjadi Lebih Sensitif
Dilansir dari kanal YouTube SB30Health, kandung kemih mempunyai kapasitas, pada orang dewasa bisa menampung hingga 1 liter bahkan lebih. Lama kelamaan apabila kapasitas ini terlalu penuh maka akan mengalami kelemahan otot pada organ kandung kemih.

Baca Juga :  Jadwal Belajar Kian Padat, Bekali Santri Terjun ke Masyarakat

3. Dapat Menyebabkan Darah Tinggi
Dalam ginjal terdapat sistem yang berperan untuk mengontrol dan mengatur tekanan darah pada tubuh. Apabila ginjal terbebani maka sistem ini tidak akan bekerja dengan baik, akhirnya mudah mengalami tekanan darah tinggi.

4. Pembengkakan Kandung Kemih
Menjaga kebutuhan cairan tubuh memang diperlukan untuk menjaga ginjal agar tetap dalam keadaan sehat, akan tetapi perlu diseimbangkan dengan rutin membuang air kecil.

Jika terbiasa menahan kencing dapat mengakibatkan menumpuk dan terjadilah pembengkakan. Jika kandung kemih terlalu banyak tekanan maka bisa pecah dan berakibat fatal.

5. Memicu Penyakit Batu Ginjal
Urin mengandung zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, maka apabila zat tersebut tertahan lama akan menumpuk dan membentuk kristal. Lama-lama mengendap dan menjadi batu yang akhirnya disebut penyakit batu ginjal. Batu ginjal terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium.



Pos terkait