Ini Rute Penerbangan Baru dari Palangka Raya

Maskapai Wings Air disambut saat mendarat di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya.
Maskapai Wings Air disambut saat mendarat di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya. (istimewa)

PALANGKA RAYA – Maskapai penerbangan Lion Air Grup, Wings Air membuka kembali pelayanan penerbangan atau rute untuk Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, khususnya untuk rute Palangka Raya-Pontianak dan sebaliknya.

General Manager Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Eries Hermawadi menyebutkan, pada penerbangannya kemarin, setidaknya ada 60 penumpang yang berangkat dari Palangka Raya menuju Pontianak. Hal tersebut membuktikan bahwa dibukanya rute penerbangan itu memiliki pasar yang cukup besar.

“Sementara ini memang pihak maskapai belum menjadwalkan di hari-hari apa saja keberangkatannya, namun untuk penjualan tiket dibuka terus di agennya. Jadi kalau permintaanya banyak, akan dibuka setiap hari,” katanya, kemarin.

Selain untuk menghadapi kemungkinan tingginya permintaan menjelang perayaan Imlek merupakan kewenangan penuh pihak maskapai. Namun tentu saja hal tersebut sekaligus sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi sesuai program pemerintah, terutama di dua provinsi ini.

Dengan adanya rute tersebut tentunya membuat aktivitas penerbangan akan semakin tinggi di Bandara Tjilik Riwut. Untuk saat ini saja, jelasnya, pergerakan penumpang di bandara tersebut sudah mengalami kenaikan dengan kisaran 1.400 hingga 1.500 perhari untuk keberangkatan dan kedatangan.

Baca Juga :  Warga Nanga Bulik Terganggu. Ini Pemicunya

“Kalau untuk total dengan dibukanya rute Palangka Raya-Pontianak masih belum kita ketahui. Namun demikian dari kisarana penumpang saat ini sudah mengalami kenaikan,” ucap Eries.

Disinggung mengenai pembukaan rute penerbangan lain, dirinya mengaku belum bisa memastikan hal tersebut. Namun yang pasti saat ini sejumlah maskapai tengah melakukan kajian terkait kebijakan pembukaan rute penerbangan menuju Palangka Raya.

“Jadi ini memang perlu diapresiasi dengan rencana kawan-kawasan dari maskapai untuk membuka rute ke Palangka Raya. Maka kita tunggu saja kajian dari mereka kapan dan dari mana rutenya dibuka,” pungkasnya. (sho/gus)



Pos terkait