Jalan-Jalan sambil Belajar Jurnalistik, SDS 08 Best Agro Study Tour ke Radar Sampit  

SDS 08 Best Agro
STUDY TOUR: Rombongan SDS 08 Best Agro berfoto di Gedung percetakan Radar Sampit, Sabtu (1/6/2024). (Radar Sampit)

Radarsampit.com – Study Tour SDS 08 Best Agro ke Kantor Radar Sampit, Sabtu (1/6/2024), memberikan banyak manfaat bagi siswa. Selain mendapatkan informasi baru seputar jurnalistik, mereka juga bisa berwisata edukasi ke lokasi pembuatan koran.

Sebanyak 25 peserta baik itu siswa dan guru tampak antusias mendengarkan penjelasan  Manajer Pemasaran Radar Sampit Tono Triyanto terkait proses pembuatan koran. Sesekali tangan mereka mencatat di buku tulis.

Bacaan Lainnya

Beberapa siswa lainnya menggunakan smartphone merekam aktivitas yang ada di dalam ruang redaksi. Aksi siswa dari SDS 08 Best Agro ini sudah seperti wartwan cilik.

”Pak gimana caranya berita ini didapatkan,” tanya seorang siswa.

Beberapa pertanyaan lainpun juga dilontarkan sejumlah siswa. keingintahuan mereka terkait dunia jurnalistik dan proses pembuatan koran sangat tinggi. Tak heran, para siswa diminta guru pendamping untuk membuat resume berupa catatan kecil selama melakukan study tour.

Baca Juga :  WASPADA!!! Jalur Sampit – Kasongan Ada Jalan Jebol di Titik Ini

Kepala SDS 08 Best Agro Sumadi mengatakan bahwa study tour ini dilakukan untuk memberikan wawasan baru bagi siswa terkait dunia jurnalistik. Radar Sampit sebagai perusahaan media dipilih karena dianggap cocok untuk menambah wawasan bagi para siswanya.

dengan berkunjung ke Radar Sampit, siswa diharapkan mendapatkan pemahaman tentang cara mengolah informasi menjadi berita yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Dengan pemahaman itu, siswa bisa memfilter informasi-informasi yang didapatkan untuk tidak langsung disebarluaskan.

“Ini menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua. Mereka perlu diajarkan untuk memilah informasi yang benar sehingga menjadi orang cerdas dalam menyampaikan suatu informasi,” ucap Sumadi.

Sumadi menambahkan, kegiatan ini menambah pengetahuan bagi siswa, sekaligus menjadi program wisata edukasi khususnya ke tempat pembuatan surat kabar. Dengan melihat langsung proses produksinya siswa bisa menyampaikan apa yang mereka lihat secara benar dan tepat.

“Siapa tahu kedepannya mereka ada yang tertarik menjadi jurnalis. Lewat kegiatan study tour ini memberikan jalan ke depan untuk mengasah bakat dan kemampuan mereka,” ucap Sumadi.



Pos terkait