Kabasarnas Ingatkan Personil Tanggap Dalam Kondisi Kedaruratan

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi
CEK PERLENGKAPAN : Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melakukan pengecekan perlengkapan saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) mengunjungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya di Jalan Adonis Samad, Rabu (13/4). (DODI/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi laksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya di Jalan Adonis Samad, Rabu (13/4).

“Saya datang untuk melihat langsung kondisi di Kalteng, terutama di kantor baru Basarnas Palangka Raya. Ini juga agar kerjasama dengan pemerintah setempat bisa lebih optimal terutama dalam hal penanganan bencana dan langkah lainnya,” ujar jenderal bintang tiga ini.

Selain itu, kedatangannya ke Kalteng juga ingin mengetahui berbagai persoalan atau kekurangan yang dihadapi Basarnas Kota Palangka Raya. ”Ini untuk optimalisasi, saya juga ingin tahu persoalan itu. Makanya dilakukan pengecekan berbagai peralatan dan kebutuhan yang ada di kantor ini,” tegasnya.

Henri menekankan bahwa pihaknya juga ingin lebih detail mengetahui berbagai potensi bencana di Kalteng dan penanganan kedaruratan. ”Makanya saya lihat di Kalteng ini paling banyak dibutuhkan kapal, perahu, perahu karet, dan mesin karena kerap kali kecelakaan terjadi di transportasi air. Makanya saya dan rombongan datang biar lebih tahu keadaan sesungguhnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Investor Tambang Wajib Perhatikan Tata Guna Lahan

Perwira Tinggi TNI AL ini juga menyampaikan bahwa personel Basarnas Kota harus mampu berkontribusi nyata dalam tugas dan fungsi utama bagi masyarakat, terlebih dalam kondisi emergency. Meskipun selama ini masyarakat masih bingung melapor kemana jika terjadi kejadian kedaruratan.

“Ini semua untuk masyarakat. Maka jika ada kondisi darurat silakan langsung call 115 sehingga  langsung direspon secara cepat dari Basarnas,” tegasnya.

Dia berharap dukungan masyarakat Kalteng dalam menunjang tugas dan fungsi Basarnas agar lebih optimal dan mampu berdampak baik bagi masyarakat setempat. ”Konkretnya semoga ke depan bisa lebih baik dan sinergi berjalan optimal,” pungkasnya. (daq/sla)

Pos terkait