Katingan Hulu Dilanda Banjir Susulan, Aktivitas Perekonomian Warga Terganggu

banjir katingan
GANGGU BELAJAR: Banjir yang merendam lingkungan salah satu sekolah di SD Negeri 1 Rantau Puka Kecamatan Katingan Hulu, baru-baru tadi.

KASONGAN, radarsampit.com – Banjir kembali merendam sejumlah desa di Kecamatan Katingan. Meskipun, sebelumnya mengalami pengurangan debit air dan surut, banjir kembali menerjang wilayah utara kabupaten tersebut.

“Banjir susulan ini merupakan bencana yang kedua kalinya dalam dua bulan belakangan. Pemicunya karena dipengaruhi iklim cuaca yang ekstrem dan intensitas curah hujan yang tinggi,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan, Markus,” Minggu (2/6/2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, banjir yang merendam pemukiman warga ini telah menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah. Sebab, aktivitas perekonomian menjadi terhambat dan melemah, terutama di sektor perdagangan, jasa transportasi, jasa penyeberangan, pertanian dan perkebunan masyarakat.

“Pemerintah kabupaten sudah menetapkan beberapa kecamatan dalam kondisi darurat bencana. Termasuk di wilayah utara yang menjadi pusat terdampak banjir, ” ujar Markus.

Menurutnya kondisi darurat ini menjadi pertanda agar pemerintah dan masyarakat tetap waspada. Sehingga, bisa mengambil tindakan untuk tanggap terhadap bencana dan menekan risiko serta dampaknya.

Baca Juga :  Wih Ngeri! Dua Motor Tabrakan, Satu Pengendara Tewas di TKP

“Meskipun tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini, namun tetap saja akses penghubung antar wilayah akan terputus di jalur darat, sehingga memaksa warga setempat menggunakan kelotok atau perahu jika menuju ke tempat yang lebih aman, ” pungkas Markus.

Ia menambahkan, pihaknya selalu melakukan monitor dan meminta informasi terkini dari petugas BPBD yang ada di pos Damkar Katingan Hulu. Sehingga, segala sesuatu yang terjadi di sana bisa diatas,i termasuk pencegahan untuk mengurangi bahaya banjir. (sos/gus)



Pos terkait