Kebakaran Lahan di Lingkar Selatan Sampit Nyaris Hanguskan Kandang Ayam

kebakaran lahan sampit
Kebakaran Lahan di Lingkar Selatan Sampit Nyaris Makan Korban. (Istimewa/radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com –  Kebakaran lahan kembali terjadi di Gang Swadaya, Jalan Moh Hatta (jalur lingkar selatan), Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan MB Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Selasa (1/8/2023), nyaris menghanguskan kandang ternak ayam. Belum diketahui persis penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Tim gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kotawaringin Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, dan relawan pemadam kebakaran MB Ketapang merespons cepat menangani, sehingga tidak meluas.

Bacaan Lainnya

”Kandang ayam tidak sempat terbakar, karena begitu informasi kami terima, tim pemadam kebakaran langsung bergegas ke lokasi kejadian. Saat proses pemadaman, personel pemadam kebakaran menemukan ular sanca berukuran cukup besar di dekat kandang, tak jauh dari lahan yang terbakar. Ularnya langsung ditangkap dan diamankan,” kata Hawianan, Kepala DPKP Kotim, Selasa (1/8).

Baca Juga :  Sukseskan Program Eliminasi Tuberkulosis di 2030 Dengan Penguatan Layanan

Kandang ternak ayam berukuran 5×12 meter dalam keadaan kosong dan hanya meninggalkan bulu-bulu ayam. ”Jarak kandang dengan lahan yang terbakar sekitar 50-70 meter. Belum diketahui pemilik kandangnya, karena kandangnya dalam keadaan kosong, tidak ada penjaganya,” ujarnya.

Dalam penanganan kebakaran, DPKP menurunkan satu unit pemadam MUPK 14 dan menurunkan tiga personel. ”Informasi kebakaran diterima petugas pemadam dari grup emergency. Diperkirakan luas lahan yang terbakar sekitar 40×40 meter,” ujarnya. (hgn/ign)

 



Pos terkait