KEREN!!! SMAN 2 Sampit Gelar Bike To School

Upaya Mengurangi Jejak Karbon, Peringati Hari Energi Sedunia

sman 2 sampit bike go to school
KOMPAK: Para guru dan pelajar SMAN 2 Sampit menggunakan sepeda untuk memperingati Hari Energi Sedunia atau World Energy Day 2022, Jumat (28/10). (YUNI/RADAR SAMPIT )

SAMPIT, radarsampit.com – Dalam rangka memperingati Hari Energi Sedunia tahun 2022, warga SMAN 2 Sampit mengadakan kegiatan Bike To School. Hal itu sebagai salah satu upaya mengurangi jejak karbon. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat (28/10) lalu.

Guru SMAN 2 Sampit Ana Farida mengatakan, selain mengurangi polusi, dalam kegiatan Bike To School, pihaknya juga sekaligus melanjutkan proyek P5, yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Salah satu proyeknya adalah jejak karbon. Hari Energi Sedunia jatuh pada 22 Oktober, namun peringatan tersebut baru bisa dilaksanakan seminggu setelahnya.

Bacaan Lainnya

”Jadi, kendaraan bermotor itu salah satu penyumbang jejak karbon terbesar yang menyebabkan polusi. Dengan kegiatan ini, harapan kami dapat menghemat energi, terutama dari kendaraan bermotor, menjadi salah satu cara kami untuk menyayangi bumi,” ujarnya.

Pihaknya berharap event tersebut bukan hanya dilaksanakan di hari energi, tapi bisa diagendakan setiap bulan. ”Kecil-kecilan sosialisasinya. Mulai dari sekarang. Walaupun sekarang mungkin yang bersepeda masih 50 persen, nanti kami usahakan bagaimana ke depannya jumlah siswa yang bersepeda di hari yang kami tentukan lebih banyak lagi,” katanya.

Baca Juga :  Kotim Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir, Ini Maknanya bagi BPBD

Dampak lain dari kegiatan tersebut selain mengurangi jejak karbon, juga upaya mengurangi laka lantas. Sebab, menurutnya, dengan bersepeda, rute para pelajar untuk jalan-jalan menyempit.

”Jadi, mungkin secara tidak langsung mengurangi laka lantas. Di samping menyehatkan juga, karena di hari Jumat ada slogan Jumat sehat. Jadi, bertepatan dengan itu, kami adakan juga event ini dan kebetulan pada kesempatan ini kami sedang merayakan HUT SMAN 2 Sampit, sehingga dibarengilah dengan Bike To School ini,” ucapnya.

Guru SMAN 2 Sampit lainnya, Anwar Muttaqin menambahkan, dalam peringatan Hari Energi Sedunia, semua warga sekolah turut terlibat. Baik guru maupun para siswa dan siswinya. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 06.15 – 06.45 WIB.

Pos terkait