Kobar Siapkan Draft SE PPKM Level III Hadapi Nataru

Pengguna Jalur Udara Makin Padat

BANDARA ISKANDAR: Penumpang yang tiba di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Jelang Natal dan tahun baru aktivitas penumoang kian meningkat. (RINDUWAN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sepertinya akan kembali dirayakan dalam suasana keprihatinan. Pasalnya sesuai dengan instruksi Mendagri Nomor 62 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease, status Kabupaten Kotawaringin Barat akan menerapkan PPKM Level III.

Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III diberlakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi datangnya serangan gelombang ke tiga Covid-19. Dan bila dalam Nataru semua masyarakat patuh terhadap PPKM Level III maka Kobar akan melewati fase mengkhawatirkan tersebut.

Untuk itu Pemkab Kobar bersama tim gugus penanggulangan Covid-19 serta SOPD terkait melaksanakan rapat evaluasi dan membahas tindaklanjut instruksi Mendagri tersebut pada Senin (29/11).

Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kobar, Tengku Alisyahbana mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan draft Surat Edaran Bupati Kobar tentang PPKM Level III dalm masa liburan Nataru. “Karena merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat maka seluruh daerah termasuk Kabupaten Kobar turut menerapkan instruksi tersebut,” terangnya, Rabu (1/12).

Nantinya berdasarkan instruksi Mendagri tersebut maka draf SE Bupati Kobar tidak akan berbeda jauh, terutama terkait dengan persyaratan menggunakan moda transportasi pada kurun waktu pelaksanaan PPKM level III.

Pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa Bandara Iskandar Pangkalan Bun sesuai dengan instruksi Mendagri maka syarat perjalanan melalui transportasi udara wajib PCR. “Persyaratan perjalanan udara wajib melampirkan surat keterangan negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab PCR,” pungkasnya.

Pos terkait