KPU Kobar Lantik PAW Tiga Anggota PPS

kontrak kpu
RESMI : Proses pelantikan Pergantian Antar Waktu, PPS di kantor KPU Kobar oleh Ketua KPU Kobar, Chaidir, Kamis (20/6). (SYAMSUDIN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat, telah menggelar pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap tiga Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada serentak 2024 di kantor KPU Kobar,  pada Kamis (20/6).

Pelantikan dilaksanakan oleh ketua KPU Kobar Chaidir yang disaksikan bersama oleh sejumlah komisioner KPU. Anggota PPS ini dilantik dan mengambil sumpah janjinya serta menandatangani fakta integritas.

Bacaan Lainnya

Menurut Chaidir, terhitung sejak tanggal pelantikan, maka PAW anggota PPS kini akan menjalankan tugasnya dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada di tingkat Kelurahan/Desa hingga penetapan masa tugas berakhir.

Ia juga menyebutkan, tiga PPS yang dilantik sebagai PAW ini berasal dari Desa Sekonyer Kecamatan Kumai, Desa Lalang Kecamatan Kotawaringin Lama dan Desa Pangkalan Tiga Kecamatan Pangkalan Lada.

“Dasar dilantiknya tiga PAW anggota ini karena beberapa alasan yakni karena tidak sesuai dengan prosedur perekrutan panitia penyelenggara. Tiga anggota sebelumnya ini ada yang karena suaminya anggota PPS dan istrinya anggota PPK serta pula ada yang sudah pindah domisili,” ucap Chaidir di konfirmasi, Jumat (21/6).

Baca Juga :  KPPN Pangkalan Bun Beberkan Kinerja APBN Tahun 2022

Menurutnya PAW ini berdasarkan nomor urut dibawahnya saat seleksi calon PPS. Ia menegaskan sebagaimana kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu, jika berstatus suami istri tidak diperbolehkan. Untuk itu, KPU Kobar segera melaksanakan pelantikan PPS PAW sesuai peraturan perundang-undangan.

Chaidir menjelaskan,  setelah dilantik ini selanjutnya diminta untuk dapat menyesuaikan diri dan berkoordinasi dengan yang lain agar suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 bisa berjalan sesuai harapan. ” Saya berharap mereka bisa cepat menyesuaikan, saling bekerja sama serta terbangun kekompakan untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada mendatang,” pungkasnya. (sam/gus)

 



Pos terkait