Kuota Haji Indonesia Tahun Ini Terisi 99,6 Persen

jemaah haji
Ilustrasi jemaah haji (Dipta Wahyu/JawaPos)

MAKKAH, radarsmpit.com – Misi pemberangkatan jemaah haji musim 2023 sudah selesai. Ditutup dengan pendaratan dua kloter dari embarkasi Surabaya dan satu kloter dari Batam di Bandara Jeddah pada Sabtu (24/6/2023). Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan, serapan kuota haji tahun ini nyaris 100 persen. Persisnya di angka 99,6 persen.

”Dari total kuota nasional 229.000 jemaah, realisasi penyerapannya mencapai 228.093 jemaah,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief di Makkah kemarin (24/6/2023). Seperti diketahui, selain kuota dasar 221 ribu, tahun ini Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak  delapan ribu.

Bacaan Lainnya

Hilman mengatakan, kuota dasar sebanyak 221 ribu kursi berhasil terserap 100 persen. Baik itu kuota haji reguler maupun haji khusus. Sedangkan untuk kuota tambahan, jatah haji reguler 7.360 kursi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.820 jemaah sudah tervisa. Lalu, ada 358 jemaah reguler kuota tambahan yang sudah tervisa, namun membatalkan pemberangkatannya dengan beragam alasan.

Baca Juga :  Sarankan MyPertamina Dihentikan

Menurut Hilman, waktu yang tersedia untuk pengisian kuota tambahan tidak banyak. Arab Saudi baru menyampaikan keputusan kuota tambahan pada 7 Mei. Sedangkan proses pemberangkatan jemaah haji reguler berjalan sejak 24 Mei. ”Waktu yang tersedia sangat mepet. Tapi, kita terus berusaha,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan, proses kedatangan jemaah di Makkah sudah selesai pada 24 Juni. Baik itu kedatangan jemaah dari Madinah maupun dari Jeddah. Fase pemberangkatan jemaah haji berjalan sejak 24 Juni lalu. Diawali dari pemberangkatan gelombang pertama dengan rute Indonesia menuju Madinah, disusul gelombang kedua dengan rute Indonesia menuju Jeddah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag itu mengatakan, Arab Saudi menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada 19 Juni. Dengan demikian, pelaksanaan wukuf di Arafah (9 Zulhijjah) jatuh pada Selasa (27/6) besok. Tahun ini jumlah jemaah haji dari seluruh penjuru dunia diperkirakan lebih dari dua juta jemaah.



Pos terkait