Lamandau Galakkan Minum Julak Baka

Minuman Julak Baka
PRODUK LOKAL : Kabupaten Lamandau memiliki sejumlah produk unggulan daerah, salah satunya Jahe Unggulan Laman Kina Batang Kawa (Julak Baka). Minuman berbahan utama jahe itu diperkenalkan secara resmi saat Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Lamandau, Selasa (9/3) kemarin.(RIA MEKAR/RADAR SAMPIT)

NANGA BULIK– Kabupaten Lamandau memiliki sejumlah produk unggulan daerah, salah satunya Jahe Unggulan Laman Kina Batang Kawa (Julak Baka). Minuman berbahan utama jahe itu diperkenalkan secara resmi saat Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Lamandau, Selasa (9/3) kemarin.

Minuman jahe instan ini merupakan salah satu hasil perkebunan masyarakat di Kecamatan Batang Kawa. Hasil panen jahe tersebut diolah dan dikemas menjadi minuman jahe serbuk dengan komposisi jahe murni tanpa bahan pengawet dan kimia.⠀

Bacaan Lainnya

“Gerakan minum jahe kita hari ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja saya saat acara panen raya jahe di Desa Kina pada Rabu (24/2) lalu. Untuk mendukung promosi produk jahe instant ini, secara berkala di setiap rapat – rapat maupun acara lainnya akan selalu kita sajikan minuman jahe Julak Baka dan Kopi Mantir dari Desa Riam Tinggi,” ujar Bupati Lamandau H Hendra Lesmana.

Pihaknya berharap setiap kantor dinas bisa menerapkan kebijakan untuk mendukung promosi produk masyarakat Lamandau ini. Karena hal ini merupakan salah satu langkah nyata pemerintah daerah dalam mendukung dan memajukan sektor pertanian, perkebunan, dan UMKM di Kabupaten Lamandau.

Baca Juga :  Logistik Pilkades Siap Didistribusikan

“Produk ini bisa dibeli di Gerai Lamandau Store rumah kreatif UKM Lamandau yang beralamat di Jalan Melati Trans Lokal Nanga Bulik di bawah binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan  Perindustrian (DKUKMPP) dengan harga terjangkau,” terang Bupati.⠀

Produk jahe instan Julak Baka dan Kopi Mantir ini diharapkan dapat menjadi komoditas unggulan Kabupaten Lamandau yang dapat bersaing di pasaran. Disamping itu produk – produk ini diharapkan dapat menginspirasi dan memacu bagi desa-desa lain untuk berinovasi menggali potensi yang ada di wilayah masing-masing. ⠀

Dukungan dan upaya ini adalah implementasi dari visi Kabupaten Lamandau  yakni Bergerak Cepat Membangun Kabupaten Lamandau Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Kabupaten Lamandau Juara (Jujur, Unggul, Adil, Relegius Dan Aman).

Sebagai upaya perwujudan dari visi tersebut yang selanjutnya dituangkan dalam misi 3, yaitu memperkuat kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup dengan sasaran meningkatnya daya saing perekonomian daerah berbasis sektor unggulan.(mex/sla)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *