Lawan Albania, Luciano Spalletti Ingin Italia Memulai seperti Mancini

skuad italia
JUARA BERTAHAN: Kapten sekaligus kiper Italia Gianluigi Donnarumma bersama rekan setimnya menyapa fans sebelum sesi latihan di Iserlohn (12/6). (ALBERTO PIZZOLI/AFP)

DORTMUND – Italia sukses memenangi Euro 2020 karena start mulus di fase grup. Skuad asuhan Roberto Mancini kala itu menyapu bersih tiga laga sekaligus nirbobol. Hal serupa diinginkan allenatore Italia Luciano Spalletti menghadapi fase grup Euro 2024.

Apalagi, Gli Azzurri –julukan Italia– mengawalinya dengan menghadapi tim yang di atas kertas paling lemah dalam persaingan grup B, Albania. Duel kedua tim berlangsung di Westfalenstadion, Dortmund, dini hari nanti (siaran langsungRCTI/ RCTI+/ Vision+pukul02.00 WIB).

Bacaan Lainnya

”Jiwa tim ini masih sama seperti tiga tahun lalu (Euro 2020 dimainkan pada 2021 karena menunggu pandemi Covid-19 mereda, Red). Tim yang berisi para pesepak bola hebat. Kesamaan itulah yang bakal kami ulangi tahun ini,’’ tutur bek kanan Italia Giovanni Di Lorenzo seperti dikutip Calcionews24.

Tercatat sembilan pemain dari skuad juara pada Euro 2020 bertahan di skuad pilihan Spalletti. Selain Di Lorenzo, ada kapten sekaligus kiper Gianluigi Donnarumma, kiper Alex Meret, dan bek Alessandro Bastoni. Juga gelandang Nicolo Barella, gelandang Bryan Cristante, gelandang Jorginho, striker Giacomo Raspadori, dan wide attacker Federico Chiesa

Baca Juga :  Gagal Penalti Berujung Serangan Rasial

Di Lorenzo yang juga kapten SSC Napoli itu menilai, antara Mancini dan Spalletti memiliki kesamaan sebagai pelatih pekerja keras sehingga Italia diyakininya tetap jadi tim kompetitif dalam perebutan juara. ’’Kami tahu, ada potensi positif dari yang dia inginkan,’’ klaim Di Lorenzo.

Dalam enam laga terakhir sebelum Euro, Italia tidak terkalahkan. Dari tiga laga terakhir, gawang Italia juga nirbobol. Statistik yang bisa menyulitkan Albania untuk membuat kejutan. (ren/c17/dns/jpg)



Pos terkait