Makanan yang Membuat Sperma Semakin Gahar dan Berkualitas

sperma
Manfaat sayuran. (freepik/jcomp)

Radarsampit.com – Sperma sehat dan berkualitas berkaitan dengan fertilitas seseorang, khususnya bagi kaum pria yang sudah menikah. Selain menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga rutin, ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma.

Berdasar informasi yang dihimpun JawaPos.com, infertilitas diperkirakan menjadi masalah pada 8-12 persen pasangan usia reproduksi. Data dari 1990 hingga 2017 menunjukkan bahwa setiap tahun angka kejadian infertilitas pada pria meningkat sebanyak 0,291 persen.

Bacaan Lainnya

Pada 2017, 50 persen dari pasien yang mengunjungi Poli Andrologi di Rumah Sakit Soetomo adalah pasien infertilitas. Studi itu juga mendapatkan varikokel sebagai penyebab infertilitas pria terbanyak.
Berikut daftar makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma.

1.Taoge (kecambah)
Taoge memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan. Kandungan itu bisa melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Rutin mengonsumsi taoge, sperma diharapkan akan terjaga dari berbagai kerusakan dan serangan radikal bebas. Sehingga, kualitas sperma pun meningkat.

Baca Juga :  Khasiat Kecombrang Untuk Kesehatan

2.Wortel
Bukan cuma mata, wortel juga baik untuk menjaga kualitas sperma. Siapa yang suka wortel? Asupan karotenoid pada wortel dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi. Selain itu, morfologi sperma akan lebih baik.

3.Kerang-kerangan
Yang tim seafood pasti happy dengar kerrang-kerangan masuk ke dalam daftar makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Kerang-kerangan seperti tiram dan remis kaya akan kandungan seng yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sperma dan testosterone. Kerang-kerangan juga merupakan sumber zat besi yang berguna melancarkan aliran darah ke alat genital.

4.Alpukat
Makanan yang kaya lemak tak jenuh, salah satunya adalah alpukat kaya antioksidan. Buah dengan antioksidan tinggi membantu melindungi sperma dari kerusakan sel. Selain itu, membuat sperma menjadi lincah dan membantu sperma bertahan lebih lama saat harus berenang menuju tuba falopi dan membuahi sel telur.

5.Pisang
Selain alpukat, ada buah pisang yang juga masuk daftar makanan dari buah yang bisa membantu meningkatkan kualitas sperma. Pisang kaya akan vitamin B1, C, sekaligus magnesium. Pisang juga mengandung enzim langka yang disebut bromelain. (jp)



Pos terkait