Menakar Kekuatan Timnas U23 Indonesia dan Guinea U23

olahraga
WAKIL AFRIKA: Para pemain timnas U 23 Guinea yang akan dihadapi Garuda Muda pada playoff menuju Olimpiade Paris 2024.

Radarsampit.com – Timnas U23 Indonesia dan Guinea U23 memiliki perjalanan mirip saat dihadapkan dalam playoff Olimpiade Paris 2024 pada Kamis (9/5/2024) malam di Stade Pierre Pibarot, Prancis.

Kedua negara ini akan sama-sama berjuang untuk lolos ke Olimpiade ke-2 kalinya sepanjang sejarah, dan sama-sama berstatus sebagai tim peringkat 4 turnamen kontinental dengan status sebagai debutan.

Bacaan Lainnya

Timnas U23 Indonesia lolos pertama kali di Piala Asia U23 2024 setelah absen di 5 edisi sejak 2013-2022 lalu. Praktis, peluang berlaga di playoff Olimpiade ini menjadi kesempatan langka bagi Garuda.

Sebelumnya, Timnas U23 Indonesia melewati perjuangan sulit di Piala Asia U23 dengan kekalahan 0-2 pada laga pembuka. Garuda Muda lantas menang di 2 laga sisa penyisihan Grup A usai mengandaskan Australia dan Yordania. Tim asuhan Shin Tae-yong finis di posisi runner-up.

Di babak 8 besar, Timnas U23 Indonesia langsung dihadapkan dengan tim kuat Korea Selatan. Garuda Muda lolos dari hadangan itu, namun terhenti oleh Uzbekistan di semifinal. Terakhir, Timnas U23 gagal mengamankan tiket otomatis ke Olimpiade setelah terhenti dari tim Asia Barat, Irak.

Baca Juga :  Cabor Sepakbola Kobar Pertanyakan Kejelasan Medali Porprov Kalteng

Total, dari 6 laga Piala Asia U23 2024, Timnas U23 Indonesia menciptakan 2 kemenangan, 1 imbang, dan 3 kali kalah. Torehan 8 gol dan 9 kali kebobolan mewarnai laju tim asuhan STY ke laga playoff Olimpiade.

Sementara itu,, Guinea baru sekali tampil saat lolos ke Piala Afrika U23 2023 lalu. Sebelum itu, Syli harus absen dari gelaran yang sama sejak pertama dihelat 2011 lalu. Lolosnya Guinea sebagai semifinalis AFCON U23 2023 dilalui lewat jalan terjal.

Mirip seperti Timnas U23 Indonesia, Guinea harus kalah dari tim tuan rumah, Maroko lewat skor 2-1 pada laga pembuka. Guinea lantas bangkit di laga ke-2 dengan mengalahkan Kongo.

Ini dilanjutkan dengan menahan imbang tim sekawasan Afrika Barat, Ghana di partai terakhir. Guinea lolos berstatus sebagai runner-up dengan poin sama dari Ghana yang mesti tersingkir.

Di fase semifinal AFCON U23 2023, Guinea harus takluk dari tim kuat Mesir. Terakhir, Syli gagal tampil otomatis ke Olimpiade usai kalah via adu penalti dari tim Afrika Barat, Mali.



Pos terkait