Meriahnya Peringatan HUT RI di Parenggean, Warga Gelar Pawai Lampion

pawai lampion parenggean
PAWAI LAMPION: Ratusan warga Kecamatan Parenggean mengikuti Pawai Lampion keliling perkampungan Selasa (16/8) malam. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com Berada jauh dari Kota Sampit, tak membuat Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hening dari keramaian. Justru Camat Parenggean menciptakan keramaian yang melibatkan ratusan warga untuk mengikuti Pawai Lampion.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu sempat vakum selama dua tahun pandemi Covid-19 melanda Kotim. Kini bertepatan pada malam penyambutan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun seluruh pelajar dan warga mengikuti Pawai Lampion.

Bacaan Lainnya

Suasana perkampungan yang tadinya sepi menjadi ramai dan terang menderang. Masing-masing peserta Pawai Lampion membawa lampu lampion yang dihias seperti bintang. Mereka berjalan kaki mengitari perkampungan. Start dimulai dari Kantor Kecamatan Parenggean Jalan Kali Kasa menuju Jalan Lesa lalu memutar ke arah terminal masih di Jalan Lesa dan berakhir Jalan Yurni.

Camat Parenggean Siyono yang juga ikut di tengah masyarakat juga ikut senang melihat warganya yang begitu gembira menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan mengadakan Pawai Lampion.

Baca Juga :  Ini Syarat Penyelenggaraan Event di Tengah Pandemi Covid-19

”Ada 50 kelompok yang jumlahnya lebih dari 800 orang ikut meramaikan Pawai Lampion. Euforianya begitu terasa. Suasana malam ini begitu ramai dan menyenangkan. Kita semua jalan kaki berkeliling perkampungan,” kata Siyono, Selasa (16/8).

Kegiatan dimulai pukul 19.00 WIB Selasa (16/8). Rombongan Pawai Lampion berkumpul di lapangan SMPN 1 Parenggean. Sejumlah Anggota DPRD Kotim juga ikut hadir ditengah-tengah masyarakat.

”Kemarin kami juga mengadakan lomba persatuan baris-berbaris (PBB) ditingkat pelajar mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA ada 40 kelompok yang ikut serta, kegiatan ini semua untuk menyambut dan menyemarakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun tepat pada 17 Agustus 2022 (hari ini,Red),” tandasnya. (hgn/ign)

Pos terkait