MIRIS!!! Fondasi Pilar Monumen Pahlawan Rusak

TMP Bumi Loka Sukamara
RUSAK: Fondasi pilar monumen pahlawan di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Loka Sukamara terlihat rusak. (FAUZIANNUR/RADAR SAMPIT)

SUKAMARA – Fondasi pilar monumen pahlawan di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Loka Sukamara yang rusak, belum ada perbaikan. Bagian lantai pilar sudah terlihat ada yang retak, sehingga mengganggu keindahan pilar yang dibangun sebanyak lima buah dan di atasnya terpasang burung garuda Pancasila itu.

”Sepertinya bagian samping jeblok ke bawah, sehingga tengahnya bertahan akibatnya keramik di atasnya pecah dan terbuka. Sebaiknya segera diperbaiki, karena pilar rawan menjadi miring atau roboh,” kata Yanur, salah seorang warga Sukamara.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, apabila diperhatikan, fondasi bagian sisi kanan terlihat lebih rendah dibanding posisi tengah. Kemungkinan bagian tanah di dalamnya turun dan keramik di atasnya tidak mampu menahan, sehingga pecah dan terbuka. Tugu atau monumen pahlawan itu menjadi salah satu bagian di lokasi makam pahlawan.

Baca Juga :  Lapas Sukamara Pantau Narapidana Pakai Pakai Alat Ini

TMP Bumi Loka Sukamara baru dibangun pemerintah daerah, menyusul dipindahkannya makam pahlawan asal Sukamara di TMP Indra Pura Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kerangka jenazah para pahlawan asal Sukamara dipindahkan ke TMP Bumi Loka dengan acara militer. Selain tersedia tempat pemakaman, di dalam kompleks juga dibangun fasilitas pendukung, termasuk tugu monumen pahlawan tersebut.

Pilar monumen dibangun langsung menghadap pintu masuk lokasi pemakaman. Di depannya terdapat sebuah tiang bendera besar dan sebuah halaman luas sebagai tempat acara renungan pada malam peringatan hari pahlawan. (fzr/ign)



Pos terkait