Ngeri! Ular Piton Tiga Meter Ditangkap saat Asyik Makan Ayam

ular piton
DIAMANKAN: Petugas DPKP Palangka Raya mengamankan ular piton sepanjang 3 meter lebih. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Berawal karena ayam kesayangannya raib tanpa jejak, warga Kota Palangka Raya, Astutik, melapor ke Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Palangka Raya. Setelah diselidiki, tim menemukan ular piton dengan panjang 3,6 meter dan diameter sebesar 3 inci.

Peristiwa menghebohkan itu terjadi di Jalan Borneo, belakang Kampus Universitas Palangka Raya, Rabu (20/3/2024). Ular dengan lilitan ganas itu ditemukan saat masuk kandang ayam milik Astutik.

Bacaan Lainnya

”Kemungkinan ular itu lapar hingga akhirnya memakan ayam warga. Sempat berusaha lepas, namun dengan sigap berhasil ditangkap,” ujar  Koordinator Call Center 112 Palangka Raya Sucipto.

Sucipto menuturkan, kejadian bermula ketika pelapor, Astutik, yang biasa memberi makan ternaknya di pagi hari, Perlu waktu 25 menit untuk mengendalikan situasi menggunakan alat penjepit dan penekan ular yang memudahkan proses penangkapan.

Setelah diamankan, ular itu lalu dibawa ke Pos Rescue Damkar dan dilepaskan kembali ke alam liar, jauh dari permukiman penduduk.

Baca Juga :  Disdik Kota Palangka Raya Anggarkan Perbaikan SDN-1 Ketimpun

Lokasi di sekitar ular tersebut merupakan lahan rumput tebal dan berair, habitat ideal bagi ular piton untuk bersembunyi dan berkembang biak. Area tersebut tidak terurus selama beberapa tahun, sehingga disinyalir jadi tempat berkumpulnya ular. (daq/ign)

 



Pos terkait