Paguyuban Wong Ngapak Kalimantan Tengah Bersatu Mengawal Pemilu Damai

suhu suyanto
Suhu Suyanto, Ketua Paguyuban Wong Ngapak Kalteng  

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Ketua Paguyuban Wong Ngapak Kalimantan Tengah (Kalteng), Suhu Suyanto mengharapkan semua pihak bekerja sama untuk mencegah potensi konflik yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang demokratis dan transparan.

Ia menegaskan hajatan lima tahunan tersebut harus terlaksana dengan tertib dan aman karena pada dasarnya Pemilu ini merupakan pesta demokrasi milik rakyat, yang pada akhirnya semua demi kepentingan orang banyak.

Bacaan Lainnya

“Kurang dari dua minggu lagi kita akan melaksanakan Pemilu, waktu yang sudah dekat sehingga wajib bagi kita semua tanpan terkecuali untuk bersama mengawal supaya bisa terlaksana dengan lancar,” katanya, Jumat (02/02/2024).

Pemilu damai tidak hanya sekadar wacana atau slogan semata, akan tetapi harus diimplementasikan dalam tindakan nyata karena hal tersebut adalah sebuah komitmen. Tentunya ini juga tidak lepas dari semangat pesta demokrasi tersebut yang dilaksanakan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Baca Juga :  Dini Hari, Empat Bangunan di Palangka Raya Jadi Arang

“Artinya kata damai dalam pelaksanaan Pemilu ini tidak sekadar ucapan, tapi bagaimana bisa terlaksana di tengah masyarakat,” ucapnya.

Ia mengakui bahwa dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi membuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) lebih kompleks. Oleh karena itu akan menjadi tanggung jawab semua pihak menjaga situasi aman dan kondusif tidak hanya terletak pada pihak Kepolisian dan TNI.

Lebih lanjut Suhu mengatakan, bahwa perbedaan dukungan, penilaian dan pandangan bisa dikatakan sebagai hal yang wajar, sehingga seluruh elemen masyarakat diimbau untuk menghindari ujaran kebencian, tidak mudah terpecah belah dan bisa menjadi pelopor edukasi masyarakat.

“Perbedaan pilihan merupakan sebuah hal yang wajar, apalagikan ini berkaitan dengan Pemilu. Namun hendaknya pada pelaksanaannya harus berjalan secara aman, nyaman, dan tentram,” ucapnya.

Tentu jika belajar dari kesuksesan pelaksanaan Pemilu beberapa waktu lalu, pada dasarnya penyelenggara, pemerintah dan masyarakat Kalteng sudah siap menghadapi pesta demokrasi ini, sehingga diharapkan hal itu juga bisa diwujudkan pada pelaksanaan tahun ini.



Pos terkait