Paling Disukai, Ternyata Ini Manfaat Lain Buah Durian

buah durian
Ilustrasi buah durian. (ArtesiaId-freepik)

Radarsampit.com – Siapa yang durian mania coba acungkan tangannya! Apalagi kalau durian yang disantap dengan biji yang kecil. Informasi yang dihimpun dari Indonesia.go.id menurut jurnal Herbarium Bogoriense, ada 29 spesies durian.

Nah, sekitar 19 dari 20 spesies di Indonesia bisa ditemukan di Kalimantan, 7 spesies di Sumatera, dan satu spesies di Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Kemudian, dari 20 spesies di Indonesia itu, hanya 9 spesies yang bisa dimakan manusia.

Bacaan Lainnya

Namun, tak sedikit yang menyebutkan jika durian tidak memiliki manfaat justru membahayakan bagi kesehatan. Dilansir dari Alodokter, per 100 gram durian mengandung 134 kalori dan beragam nutrisi.

Antara lain, 28 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, 3,5 gram serat, hingga 53 miligram vitamin C.

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi durian.

1.Memperkuat imunitas tubuh

Per 100 gram durian mengandung 53 miligram vitamin C. Karena itu, durian bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, vitamin C tersebut bisa mengoptimalkan fungsi sel darah putih melawan infeksi serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Baca Juga :  Tilang Manual di Jalan Diberlakukan Lagi

2.Tekanan darah terkontrol

Manfaat lain mengonsumsi durian adalah bisa mengontrol tekanan darah. Hal itu karena durian mengandung kalium. Kandungan itu bermanfaat mengontrol tekanan darah dengan cara membuang natrium berlebih di dalam tubuh. Selain itu, kalium pada durian bisa merelaksasikan dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancer dan tekanan darah lebih terkontrol.

3.Mencegah kanker

Kamu tidak salah baca. Iya, durian bisa mencegah kanker. Karena berkandungan antioksidan pada durian mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Terutama, kanker payudara.

4.Mengatasi rasa lelah

Durian mengandung karbohidrat sumber energi utama bagi tubuh. Mengonsumsi durian bisa menjadi sumber energi utama untuk tubuh.

Selain keempat manfaat itu, durian juga bisa meningkatkan gairah seksual hingga meringankan gejala malaria. Namun, tetap dalam takaran batas normal. (jp)



Pos terkait