Tak Hanya Jadi Makanan, Ternyata Pepaya Bisa Mencerahkan Kulit

pepaya
Manfaat pepaya untuk kulit. /Sumber foto: Pinkvilla.com

Radarsampit.com – Tahukah kamu, bahwa manfaat pepaya untuk kulit sangatlah beragam, mulai dari menjaga hidrasi kulit, hingga meningkatkan produksi kolagen.

Selain untuk makanan, pepaya juga mengandung nutrisi dan vitamin yang bermanfaat menyehatkan kulit, menghilangkan berbagai masalah yang ada, termasuk jerawat, bisul kulit, dehidrasi, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Pinkvilla.com, Sabtu (8/6/2024), Dokter Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, menyebutkan bahwa pepaya mengandung enzim yang membantu pengelupasan sel kulit mati.

1. Membantu Melawan Tanda-Tanda Penuaan

Antioksidan dalam pepaya berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan menjaga kesehatannya tetap utuh.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk ini juga membantu menunda tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, bintik-bintik jerawat, dan sebagainya.

2. Dapat Menghidrasi

Kulit kering merupakan kondisi yang tidak nyaman karena menyebabkan kulit menjadi kasar, mengelupas, dan gatal.
Salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan papaya, mengandung vitamin E, antioksidan kuat yang memiliki sifat melembapkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dalam waktu lama.

Baca Juga :  Pencuri Tabungan Akhirat Ditangkap Warga

3. Membantu Mengontrol Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang sangat sulit untuk diatasi, namun dengan pepaya, Anda mungkin bisa mengatasi jerawat dan bekas jerawat dengan cukup mudah.

Selain mencegah terbentuknya jerawat vulgaris, salah satu manfaat buah pepaya yang paling menakjubkan untuk kulit adalah kaya akan vitamin C, juga mencegah hiperpigmentasi pasca inflamasi untuk membantu Anda mendapatkan kulit bersih dan kencang.

4. Membantu Menyembuhkan Bekas Luka

Manfaat pepaya untuk kulit tidak hanya terbatas pada efek mencerahkan atau melembabkannya saja, tapi lebih dari itu.
Sebuah penelitian menyelidiki efek liposom elastis papain pada bekas luka hipertrofik dan menyimpulkan bahwa aplikasi topikal sangat bermanfaat dalam pengobatan bekas luka hipertrofik.



Pos terkait