Peminat Komisioner Bawaslu Capai 95 Orang

Petugas penerima pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu Kalteng,
Petugas penerima pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu Kalteng, saat menerima pendaftar, baru-baru tadi.(istimewa)

SAMPIT , RadarSampit.com – Tahap pendaftaran seleksi bakal calon anggota komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah periode 2022-2027 resmi ditutup, Kamis (30/6).  Selama dibukanya pendaftaran sejak 22 -30 Juni 2022  tercatat ada 95 pendaftar yang sudah menyerahkan berkas lengkap.

Lima bacalon diantaranya berasal dari Kotim. Nama-nama pendaftar tersebut yakni Benny Setia, Divisi Teknis Penyelenggaraan yang masih aktif menjabat sebagai Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim, Muhammad Rifqi Divisi Hukum dan Pengawasan yang masih aktif menjabat sebagai Anggota Komisioner KPU Kotim.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Muhamad Tohari yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Ketua Bawaslu Kotim dan Eka Sazli yang saat ini juga masih aktif menjabat sebagai Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Anggota Komisioner Bawaslu Kotim. Dan satu, pendaftar lainnya bernama Sih  Widada yang berlatar belakang purna ASN.

Baca Juga :  Awas..! Ada Jalan Amblas di Wilayah Ini

Dari 14 kabupaten/kota Se-Kalteng menunjukkan pendaftar paling banyak terdapat di Kota Palangka Raya sebanyak 54 pendaftar, kemudian Kabupaten Kapuas 7 pendaftar, Kabupaten Barito Selatan 5 pendaftar.

Kemudian, Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, dan Pulang Pisau masing-masing  sebanyak 5 pendaftar.  Kabupaten Seruyan 3 pendaftar, Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Barat masing-masing 3 pendaftar. Kabupaten Barito Timur, Lamandau dan Sukamara masing-masing  1 pendaftar.

Pendaftar paling  muda berusia 27 tahun dan paling tua berusia 69 tahun. Namun, rata-rata pendaftar berusia kisaran 35-50an tahun. Kemudian, 78 pendaftar laki-laki dan 17 lainnya perempuan. Dengan jenjang pendidikan strata-1 paling dominan sebanyak 61 pendaftar, strata-2 sebanyak 32 pendaftar dan Strata-3 sebanyak 2 pendaftar.

Pos terkait