Pemkab Kotim Tegaskan Kesejahteraan Tenaga Kesehatan Jadi Perhatian

Dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Kotim

kesehatan
UPACARA: Sejumlah pejabat Kotim saat upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 dan peringatan HKN ke-59 di halaman Kantor Bupati Kotim, Jumat (10/11/2023). (HENY/RADAR SAMPIT)

Layanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih belum merata. Kurangnya tenaga kesehatan baik bidan, perawat dan dokter menjadi perhatian Pemkab Kotim.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Menyambut Hari Kesehatan Nasional ke-59 yang jatuh pada 12 November 2023, Pemkab Kotim menggelar apel upacara lebih dulu, bersamaan dengan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun pada 10 November 2023 di halaman Kantor Bupati Kotim, Jumat (10/11/2023).

Dalam momentum itu, Wakil Bupati Kotim Irawati menegaskan, kesejahteraan tenaga kesehatan menjadi perhatian Pemkab Kotim. ”Menyambut peringatan HKN tahun ini, kami berharap tidak hanya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat yang menjadi perhatian, tetapi  juga kesejahteraan para dokter dan perawatnya agar juga diperhatikan. Apalagi Kotim hingga saat ini masih kekurangan tenaga medis dokter spesialis dan sub spesialis. Keluhan dan masukan dari tenaga kesehatan ini akan saya sampaikan ke Bupati agar kesejahteraan nakes terjamin,” kata Irawati.

Baca Juga :  Tata Batas Sukamara – Ketapang Akhirnya Tuntas

Irawati juga berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan lndonesia.

”Periuangan masih panjang. Saya berharap semua insan kesehatan terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat, serta mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, mendorong masyarakat memeriksakan kesehatannya secata rutin. Baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit sesuai siklus hidup.

Pada peringatan HKN tahun ini, Kementerian Kesehatan mengusung tema ”Transformasi kesehatan untuk Indonesia Maju”. Tema itu menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi semua komponen bangsa untuk menyukseskan agenda transformasi kesehatan yang saat ini tengah dilaksanakan.



Pos terkait