Pemudik Diimbau Manfaatkan Layanan Mudik Gratis

angkutan bus
LAYANI PEMUDIK: Angkutan bus memaksimalkan armada untuk melayani pemudik Lebaran tahun ini. (HENY/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemudik dari Kota Palangka Raya diajak memanfaatkan layanan mudik gratis lebaran Idulfitri 1444 H di wilayah Kalteng yang disediakan Pemprov Kalteng setempat sebagai bentuk layanan dari pemerintah daerah kepada warganya.

”Manfaatkan layanan ini untuk mempermudah perjalanan mudik. Selain itu, layanan resmi ini juga lebih aman dibanding menggunakan angkutan tidak resmi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan di Palangka Raya, Senin.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan penggunaan angkutan resmi akan menurunkan risiko selama perjalanan, karena pengelola angkutan berizin akan melakukan pengecekan berkala terhadap armada yang dimiliki.

Keadaan itu, karena angkutan resmi melakukan pengecekan kelaikan kendaraan (KIR) secara berkala minimal enam bulan sekali. Hasil kelaikan menjadi salah satu syarat izin operasional angkutan umum, seperti travel atau perusahaan otobus.

Sementara jika menggunakan angkutan ilegal, belum tentu armada tersebut dinyatakan laik jalan berdasar standar uji KIR. Belum lagi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan juga akan menyulitkan penumpang untuk meminta pertanggungjawaban.

Baca Juga :  Gembok Dirusak, Gudang Elpiji Dibobol

Sementara itu, layanan mudik gratis yang disiapkan Pemprov Kalteng melalui Dinas Perhubungan itu menyediakan empat angkutan bus yang beroperasi antar kota dalam provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Yulindra Dedy mengatakan, Program Mudik Gratis Kalteng Berkah 2023 ini merupakan kerja sama lintas sektor, melibatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI, Jasa Raharja, Bank Kalteng, serta Organda.

“Tujuan yang tersedia dalam program mudik gratis tahun ini, meliputi dua kota, yakni Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pangkalan Bun Kotawaringin Barat,” terangnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti program mudik gratis ini, dapat mendaftarkan dirinya pada Kantor Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Jalan S Parman yakni pukul 08.00-14.00 wib.

Kemudian dapat juga mendaftarkan diri pada counter bus Syifa-Airgan Jalan Adonis Samad dan counter bus Damri Jalan Tjilik Riwut pukul 17.00-20.00 wib, sesuai tujuan mudik.

Pos terkait