Ramai-Ramai Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis, Syaratnya Segampang Ini

Sejak dibukanya layanan operasi bibir sumbing gratis Kamis (10/3) puluhan warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan kabupaten lainnya memanfaatkan layanan opersi bibir sumbing gratis
OPERASI GRATIS: Pasien menunggu antrean untuk mendapatkan layanan operasi bibir sumbing gratis di RSUD dr Murjani Sampit, Jumat (11/3). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Sejak dibukanya layanan operasi bibir sumbing gratis Kamis (10/3), puluhan warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan kabupaten lainnya memanfaatkan layanan opersi bibir sumbing gratis yang dilaksanakan di RSUD dr Murjani Sampit. Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari pada 10-12 Maret 2022.

Kepala Bidang Layanan Medik RSUD dr Murjani Sampit dr Yulia Nofiany mengatakan, sampai pukul 14.00 WIB, Jumat (11/3), ada 49 pendaftar. Mereka berasal dari Kotim, Kotawaringin Barat (Kobar), Seruyan, Lamandau, Sukamara, dan Katingan.

Bacaan Lainnya

Setelah dilakukan skrining, empat orang batal karena tidak datang dan dua pasien dinyatakan positif Covid-19. Pasien yang layak memenuhi syarat untuk dilakukan tindakan operasi berjumlah 43 orang.

“Sebenarnya pendaftaran dan skrining kesehatan dijadwalkan pukul 07.30 WIB. Tetapi, karena begitu banyak orang yang mendaftar dan sudah melebihi target kuota 30 orang, akhirnya dokter pelaksana memutuskan mengambil tindakan operasi jam tiga sore Kamis. Supaya semua orang yang mendaftarkan diri diharapkan terlayani semua,” kata Yulia Nofiany, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Operasi Bibir Sumbing Gratis.

Baca Juga :  Cegah Kanker Serviks, Puskesmas Ini Berikan Pelayanan IVA Gratis

Hingga kemarin, pasien yang sudah menjalani tindakan operasi berjumlah 10 pasien. Penanganan operasi dilakukan dari sore sampai pukul 12 malam. Pelayanan tersebut merupakan bagian dari serangkaian acara bakti sosial yang diadakan Korem 102/PJG bekerja sama dengan Yayasan Sekar Lintas Nusantara Kabupaten Malang, Jawa Timur. RSUD dr Murjani Sampit hanya memberikan pendampingan dan fasilitasi tempat pelaksanaan operasi.

Tindakan operasi langsung dikerjakan atau ditangani oleh tenaga kesehatan yang bertugas dibawah naungan Yayasan Sekar Lintas Nusantara. Tim tenaga kesehatan telah tiba Kamis (10/3) siang, dengan melibatkan dua dokter spesialis bedah plastik bernama dr Herman Yosef dan dr Yudi Siswanto dan perawat bedah bernama Seksiono.

Tindakan anastesi ditangani dokter anastesi, Rudy Vitraludyono didampingi perawat anastesi bernama Hendra. Tim tenaga kesehatan berikutnya yang menyusul telah tiba di Kotim Jumat (11/3) siang. Tim tenaga kesehatan itu, yakni Ketua Yayasan Sekar Lintas Nusantara Arviansyah dan dokter umum Karina, yang nantinya bertugas melakukan pemeriksaan dan skrining kesehatan.

Pos terkait