Sapi Presiden Bakal Dikirim ke Kalteng

Sapi Presiden Bakal Dikirim ke Kalteng
SEHAT: Sejumlah sapi yang diperjualbelikan untuk kebutuhan Hari Raya Iduladha, dan rata-rata didatangkan dari luar daerah.(istimewa)

PALANGKA RAYA – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalimantan Tengah (Kalteng) memastikan, ketersediaan hewan kurban untuk kebutuhan lebaran Idul Adha di wilayah Kalteng pada tahun ini dipastikan cukup.

Kepala DTPHP Kalteng Sunarti menyebutkan, berdasarkan data lapangan potensi ketersediaan hewan kurban di wilayah provinsi ini terbilang cukup banyak. Di antaranya ketersediaan sapi mencapai 8.557 ekor, kambing 4.279 ekor, domba 55 ekor, dan kerbau 227 ekor.

“Kami sudah melakukan pendataan lapangan untuk menindak lanjuti Surat Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, perihal potensi ketersediaan ternak kurban tahun ini,” katanya, kemarin.

Sunarti juga memastikan, pemerintah provinsi pada tahun ini tetap menyalurkan bantuan hewan kurban kepada sejumlah kabupaten, masjid, dan lain sebagainya. Agenda rutin pemerintah tersebut akan dikoordinasikan, agar hewan kurban yang disalurkan secara merata.

”Penyaluran bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada seluruh masyarakat,” tambahnya.

Sunarti melanjutkan,  pada tahun ini Kalteng juga mendapat bantuan hewan kurban dari Presiden RI. Hewan kurban jenis Sapi Limousin seberat 1 ton tersebut nantinya akan disalurkan untuk wilayah Kabupaten Kapuas.

Baca Juga :  Hutan Keramat Dijarah, Kayu Ulin Dibabat

Saat ini hewan kurban presiden telah dilakukan pemeriksaan kesehatan, pengukuran berat badan dan hal lainnya yang diperlukan oleh tim di lapangan. Sapi kurban yang berasal dari peternak di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya itu dipastikan sehat dan siap untuk disalurkan.

“Hewan kurban bantuan presiden satu ekor sapi, nanti disalurkan untuk Masjid Al Ikhlas Kapuas. Bantuan hewan kurban sebarat 1.000 kilogram ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” pungkas Sunarti. (sho/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *