SDS Nirmala Cendekia Raih Adiwiyata Nasional 

Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

soc adiwiyata nasional
ADIWIYATA NASIONAL: Kepala SDS Nirmala Cendekia, Nurcholik saat menerima penghargaan Adiwiyata Nasional untuk sekolah yang dipimpinnya, Kamis (1/12/2022) (Istimewa/Radar Sampit)

NANGA BULIK, radarsampit.com – Sekolah Dasar Swasta Nirmala Cendekia raih Adiwiyata Nasional. Penghargaan bagi sekolah binaan PT Nirmala Agro Lestari (NAL) Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah itu merupakan salah satu impian dari semua sekolah di Indonesia.

Kepala SDS Nirmala Cendekia, Nurcholik mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas penghargaan dari Kementerian LHK kepada sekolah yang dipimpinnya.

Bacaan Lainnya

“Sekolah kami sudah merintis Adiwiyata sejak tahun 2017. Kami memulai dengan berbagai kegiatan sederhana sebagai pembiasaan baik di sekolah. Seperti, pemeliharaan kebersihan lingkungan, gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS) dalam muatan kurikulum, dan menggerakkan anak-anak untuk memanfaatkan potensi di sekitar menjadi produk adiwiyata,” ungkapnya.

 

pt nal

Sehingga para guru dan siswa dapat menghasilkan produk-produk kreatif seperti briket dari pelepah sawit, piring dari lidi sawit, pot dari fiber sawit, sabun cuci tangan herbal dari hasil toga sekolah, pembuatan ecoenzim dari limbah vegetasi rumah tangga, dan produk jamu tradisional dari hasil panen toga.

Baca Juga :  PT GSIP - AMR Serahkan Bantuan Mesin Cultivator dan Pestisida

Semua produk tersebut mereka pasarkan ketika event sekolah seperti inagurasi dan creative day. “Selain itu, dukungan manajemen PT NAL juga sangat membantu proses kami. Manajemen perusahaan mendukung secara moril dan finansial semua kegiatan sekolah kami hingga berjalan lancar,” ungkapnya.

Dan yang tidak kalah penting, lanjutnya, dalam hal kurikulum, penerapan PBLHS  dalam KBM di kelas juga ditambah pula dengan adanya muatan lokal pendidikan lingkungan kebun sawit (PLKS) yang sangat membantu siswa untuk mencintai lingkungan.

“Terima kasih kepada Pemda Lamandau melalui DLHK dan Dinas Dikbud yang telah membimbing dan membina kami sehingga menjadi Sekolah Adiwiyata Nasional,” tutupnya.

Pos terkait