Segera Cek Rekening, Gaji ke-13 PNS, TNI, Polri hingga Pensiunan Mulai Dicairkan

ilustrasi keuangan
ilustrasi

Radarsampit.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan gaji ke-13 untuk PNS, anggota TNI-Polri, hingga pensiunan mulai cair hari ini, Senin (3/6/2024).

Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Serta, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan Gaji ke-13 kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan tahun 2024 yang bersumber dari APBN.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Deni Surjantoro, mengatakan pencairan gaji ke-13 sebagaimana telah diajukan oleh satuan kerja Kementerian/Lembaga (K/L) mulai 27 Mei 2024.

“Sesuai dengan PMK No 15 Tahun 2024, Pencairan Gaji/Tunjangan ke-13 ASN telah diajukan oleh satker K/L mulai tgl 27 Mei 2024 dan pencairan mulai tgl 3 Juni 2024,” kata Deni dalam keterangan tertulis, Senin (3/6/2024).

Baca Juga :  SADIS!!! Emosi Istri Dimaki, Ipar Ditikam saat Tidur, Leher Digorok

Adapun komponen yang dibayarkan adalah gaji pokok, tunjangan jabatan/umum, tunjangan yang melekat dengan gaji, tunjangan kinerja, dan tunjangan profesi guru dosen/tunjangan kehormatan profesor.

Sementara itu, PT Taspen membeberkan bahwa besaran gaji ke-13 yang akan diterima oleh pensiunan terdiri dari pensiunan pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.

Pihaknya pun memastikan, bahwa gaji ke-13 pensiunan ini akan cair tanpa potongan apapun, kecuali pajak penghasilan. Bahkan, gaji akan tetap diterima secara utuh bagi pensiunan yang memiliki kredit ke perbankan.

“Tidak dikenakan potongan iuran, kredit pensiun, dll.kecuali pajak penghasilan,” jelas pengumuman itu.

Ketentuan lainnya, penerima pensiun tersebut berasal dari aparatur negara sekaligus dari pejabat negara. Maka, gaji ke-13 akan menghasilkan satu nilai paling besar.

Namun, bagi pensiun sendiri sekaligus penerima pensiun janda/duda, maka menjamin keduanya. Lebih lanjut, PT Taspen mengimbau kepada para penerima pensiunan untuk lebih berhati-hati terhadap segala penipuan.



Pos terkait