Segini, Angka Harapan Hidup di Kotim

bupati kotim,hari lansia
Bupati Kotim Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor, Ketua DPRD Kotim Rinie Anderson, dan beberapa anggota Posyandu Lansia Habaring Hurung, dan sejumlah lansia, saat memperingati Hari Lansia ke 27, Selasa (13/6).(yuni/radarsampit)

radarsampit.com-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyatakan, patut bersyukur bagi individu yang memiliki orang tua, kakek ataupun nenek yang masih hidup.  Ia menegaskan, hadirnya orang tua yang  lanjut usia (lansia) di tengah keluarga bukanlah beban, melainkan penyemangat hidup. Sebab mengabdi, memelihara dan membahagiakan mereka semasa hidup merupakan ladang pahala.

“Kita bersyukur karena lansia tidak menjadi beban, tapi menjadi penyemangat atau motivasi bagi kita. Jadi kita bersyukur di negara kita Republik Indonesia dan khususnya di Kotim, usia hidup kita semakin tinggi atau meningkat,”ujarnya saat menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 27 tingkat Kabupaten Kotim tahun 2023, yang mengusung tema ‘Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat’, kemarin.

Bacaan Lainnya

Halikinnor melanjutkan, di Kotim, berdasarkan angka dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2021, angka harapan hidup masyarakat adalah 69,85 tahun. “Jadi bila diantara lansia yang hadir pada peringatan hari jadi lansia tersebut berumur di atas 70 tahun, artinya dari sisi kesehatan mereka termasuk lansia yang sehat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Gara-Gara Harta Warisan, Ponakan Bunuh Paman

Selain itu lanjutnya, kondisi demikian membuktikan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat cukup bagus, sehingga ada lansia sampai usia 78, 80 tahun.(yn/gus)



Pos terkait