Segini Pentingnya Pendidikan bagi Bupati Gumas

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong mengatakan pendidikan merupakan pilar penting dalam mewujudkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
KUNJUNGAN: Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Kepala Disdikpora Esra dan Kepala SMPN 1 Kurun Yono, ketika mengunjungi SMPN 1 Kurun, belum lama ini. (ARHAM SAID/RADAR SAMPIT)

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong mengatakan, pendidikan merupakan pilar penting dalam mewujudkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berkarakter Pancasila, sehingga menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

”Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada 2 Mei, saya ingin pendidikan di Kabupaten Gumas harus semakin maju dan berkualitas,” ucap Jaya, pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, pendidikan menjadi instrumen penting yang membebaskan masyarakat dari kemiskinan dan kebodohan. Berkontribusi penting bagi peningkatan indeks pembangunan masyarakat (IPM). Untuk itu, orang tua dan generasi muda jangan menyepelekan arti penting pendidikan.

”Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus mendorong pembangunan pendidikan agar semakin maju dan bermutu. Upaya peningkatan sarana prasarana pendidikan terus dilakukan, agar kegiatan belajar mengajar berjalan optimal. Kualitas tenaga kependidikan juga terus ditingkatkan dalam mewujudkan peserta didik berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga :  Klaster Sekolah Merebak di Kotim, Belum Putuskan Kembali Belajar Daring

Dia menuturkan, peningkatan kualitas SDM peserta didik penting dilakukan agar mereka dapat menjadi pelaku usaha yang siap bersaing, diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta, serta diterima menjadi anggota TNI dan Polri.

”Kabupaten Gumas Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Mandiri hanya dapat dicapai melalui pendidikan. Mari wujudkan generasi terdidik yang terampil, cakap, bertanggung jawab, memiliki sopan santun, dan budi pekerti yang luhur,” katanya.

Kepada tenaga pendidik, dia mengharapkan terus melaksanakan kewajiban dengan baik, memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar menjadi generasi penerus pembangunan berkualitas. Untuk peserta didik, harus rajin belajar dan membaca, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan.

Pos terkait