Sidak Ketersediaan Gas Elpiji, Pemkot Palangka Raya Ingatkan Tak Jual Lebihi HET

society
SIDAK: Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Samsul Rizal saat monitoring elpiji, Minggu (7/4/2024).

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya Samsul Rizal memastikan stok gas elpiji subsidi 3 kilogram aman. Meskipun ada kenaikan harga di tingkat pengecer atau penjual.

Hal itu disampaikan Rizal saat monitoring, pengecekan, dan pemantauan langsung di sejumlah pangkalan elpiji dan warung di Kota Palangka Raya, Minggu (7/4/2024). Kegiatan tersebut digelar bersama Pertamina, Satpol PP, dan stakeholder terkait.

Bacaan Lainnya

”Saya sampaikan bahwa secara keseluruhan epkji cukup banyak tersedia. Meski begitu, harga masih relatif tinggi bagi masyarakat. Kami langsung memonitoring dan sosialisasi kepada masyarakat harga eceran tertinggi Rp25 ribu,” ujar Rizal.

Rizal menuturkan, pihaknya bersama stakeholder terkait memastikan stok gas elpiji aman selama hingga Lebaran. ”Ketersediaan gas elpiji di Kota Palangka Raya saat ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Baik Ramadan sampai Idulfitri,”kata Rizal,

Baca Juga :  PBS Sawit di Kalteng Dituntut Sejahterakan Warga Sekitarnya

Dia menekankan, monitoring dan pengecekan dilakukan sebagai upaya menjaga kestabilan pasokan serta harga elpiji di pasaran. Sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat.

”Intinya, masyarakat tidak perlu risau. Ketersediaan elpiji ini aman dan mampu memenuhi kebutuhan,” kata Rizal.

Rizal menambahkan, monitoring memang terdapat kenaikan harga. Pedagang diminta tak menjual elpiji di atas HET. Pihaknya juga menegur salah satu pangkalan yang memasang plang di dalam, sehingga masyarakat tidak mengetahui lokasi itu merupakan pangkalan.

”Kami memastikan agen dan pangkalan menjual gas elpiji ke masyarakat sesuai aturan yang berlaku. Termasuk memastikan pangkalan menjual elpiji kepada masyarakat yang berdomisili di sekitarnya,” tegasnya. (daq/soc)



Pos terkait