Sinergikan Pengembangan Wisata dan UMKM

pengembangan wisata seruyan
OBJEK WISATA: Keindahan objek wisata Pantai Sungai Bakau yang ada di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur bisa dikembangkan dengan melibatkan pelaku UMKM. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengingatkan bahwa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kaitan erat dengan pengembangan sektor wisata daerah.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan bahwa para pelaku UMKM harus dilibatkan dalam pengambangan wisata. “Sebenarnya pengembangan sektor wisata dengan keberadaan pelaku UMKM itu memiliki keterkaitan satu sama lain. Makanya dalam prosesnya di lapangan dua hal tersebut sangat penting untuk dikembangkan beriringan,” katanya, Minggu (7/11).

Dengan melibatkan keberadaan UMKM dalam pengembangan pariwisata diyakini akan menambah daya tarik objek wisata dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Sektor pelaku UMKM tersebut bisa meliputi banyak hal, seperti jajanan lokal, oleh-oleh kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, selain menambah daya tarik dari objek pariwisata, hal tersebut juga memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM.

“Di objek wisatanya kita punya daya tarik dan dari sisi pelaku UMKM mereka bisa terbantu dari segi penjualan produk. Tapi ini tentu perlu kerja keras dari pihak terkait agar langkah tersebut bisa berjalan optimal dan berkesinambungan,” pungkasnya. (*/sla)

Baca Juga :  Program Guru Penggerak Wujudkan Karakter Pelajar Pancasila

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.