Sudah Rp 18 Miliar Anggaran Digunakan Tangani Covid-19 di Kotim

Anggaran Covid-19 di Kotim
RAPAT: Rapat evaluasi penanganan Covid-19 dan vaksinasi di Kalteng secara online bersama dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran pekan lalu. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terus berjuang memerangi Coronavirus Disease atau Covid-19. Anggaran sebesar Rp 98 miliar dikucurkan untuk penanganan Covid-19.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, dana penanganan Covid-19 bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kotim sebesar Rp 77 miliar dan  dana desa Rp 21 miliar.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Menurutnya, Kotim tidak memiliki kendala terkait dengan anggaran untuk penanganan Covid-19. Dana tersebut juga sudah termasuk refocusing anggaran sebagaimana kebijakan pemerintah. Anggaran yang telah terpakai hingga Mei mencapai Rp 18 miliar.

Pada rapat evaluasi penanganan Covid-19 dan vaksinasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) secara online akhir pekan lalu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta pemkab untuk menyediakan anggaran penanganan Covid-19. Percepatan vaksinasi juga tidak boleh terhambat dengan alasan anggaran minim. Sebab, dana di daerah boleh digunakan untuk pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Tensi Tinggi, Bupati Tetap Ikuti Vaksinasi

“Tidak ada alasan keterlambatan proses vaksinasi. Segera laksanakan. Jangan beralasan keterbatasan anggaran karena saldo daerah masih bisa digunakan,” kata Sugianto.

Gubernur juga menyatakan, tidak boleh ada pihak-pihak yang menahan dana untuk penanganan Covid-19. “Tidak ada alasan untuk menahan, kepala daerah saya warning. Saya ingatkan supaya tidak ada yang menahan dana. Nanti kami periksa saldo kas kabupaten, saya minta laporan dari bupati melalui sekda masing-masing,” pungkasnya. (yn/yit)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *