Sulitnya Menghilangkan Perilaku Buang Sampah Sembarangan

sampah
SAMPAH: Sampah yang menumpuk di Jalan Bhayangkara, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arsel, Kabupaten Kobar, belum lama ini.

PANGKALAN BUN, RadarSampit.com – Perilaku tidak terpuji oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan, menjadi momok bagi masyarakat di wilayah yang bersinggungan dengan TPS liar,  terutama di tepi-tepi jalan.

Warga kesal karena kebanyakan para pembuang sampah sembarangan ini bukan warga setempat, karena kerap ditemui mereka membuang sampah yang dibungkus plastik dari atas kendaraan.

“Seperti di wilayah kita Jalan Bhayangkara, seenaknya saja membuang sampah sembarangan, main lempar saja dari kendaraan mereka,” kata Arief warga Jalan Bhayangkara.

Mirisnya, disaat petugas kebersihan sedang membersihkan sampah dan menyapu ada warga yang seenaknya membuang sampah di hadapan mereka, tentu hal itu sangat tidak terpuji dan mengecilkan petugas kebersihan.

Bahkan bila ditegur saat kedapatan membuang sampah, justru mereka lebih galak dan beralasan bahwa jalan tersebut jalan umum dan sudah ada petugas yang membersihkan.

Bahkan tindakan tegas terhadap pelaku pembuang sampah meski telah dilakukan namun tetap berulang dengan oknum yang berbeda. Hal itu membuat masyarakat yang wilayahnya bersinggungan langsung menjadi terganggu.

Baca Juga :  Enam Pekerja Tambang Ilegal Ditangkap, Bos Penyandang Dana Buron

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat, Suhendra mengatakan, bahwa dewasa ini sampah telah menjadi masalah yang bukan hanya dihadapi di Indonesia tetapi juga di dunia.

“Tidak hanya di negara berkembang tetapi di negara maju sampah juga menjadi masalah dewasa ini,” ungkapnya.

Ia berharap agar masyarakat di Kabupaten Kobar dapat merubah perilaku dengan membuang sampah limbah rumah tangga di tempat sampah yang sudah disediakan. Ataupun berlangganan pemungutan sampah yang sudah ada ditiap-tiap wilayah.

Pos terkait