Tak Ada Tilang Dalam Operasi Zebra Telabang

HUMANIS: Aksi Satlantas dalam rangka Operasi Zebra Telabang 2021. (SATLANTAS KOBAR/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN – Satlantas Polres Kobar gencar melakukan operasi zebra telabang 2021. Fokus operasi bukan pada penindakan langsung (tilang) namun mengedepankan aksi humanis, preentif, dan simpatik.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Kobar Aipda Sigit Widodo mengatakan, sudah  sepuluh hari Satlantas  menggelar Operasi Zebra Telabang 2021. Beberapa kegiatan dilakukan dalam operasi zebra telabang selain melakukan sosialisasi pentingnya berkendara aman dan nyaman telah dilaksanakan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara.

Menurutnya banyak agenda yang dilakukan Satlantas Polres Kobar dalam Ops Zebra Telabang 2021 di antaranya adalah kegiatan membagikan helm saat acara Ngobras, membagikan pamflet, memasang spanduk imbauan, bahkan sampai dengan kegiatan baksos yang sekaligus dirangkai untuk menyampaikan imbauan kamseltibcar lantas.

“Tidak hanya fokus pada imbauan kamseltibcar lantas, kami juga ada kegiatan bakti sosial kepada para tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pembantu (Pustu), karena mereka telah berjuang melawan pandemi Covid-19,” kata Aipda Sigit Widodo.

Sesuai arahan bahwa di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini tidak ada razia kendaraan, karena itu akan terjadi kerumunan. Maka dalam Ops Zebra Telabang 2021 ini difokuskan untuk melaksanakan imbauan kamseltibcar lantas dan pencegahan Covid-19, dengan mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan prokes sebagai adaptasi baru dalam aktivitas.

Dalam kegiatan Operasi Zebra Telabang 2021 dilaksanakan pada 15 – 28 November 2021. Dalam kegiatannya, selain fokus di dalam kota, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi hingga ke luar kota. Salah satunya ialah di daerah Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng.

“Jadi kita tidak hanya fokus mengimbau masyarakat di dalam kota saja, tetapi juga sampai ke desa – desa. Sehingga, pesan Kamseltibcar lantas ini diharapkan sampai ke setiap masyarakat di Kobar,” tuturnya.

Sigit menambahkan, beberapa titik rawan kecelakaan juga menjadi fokus kegiatan Operasi Zebra Telabang 2021. Seperti di Simpang MDP Desa Purbasari, Bundaran Pangkalan Lima, serta jalur lalu lintas yang rawan laka lantas, dipasang spanduk pemberitahuan agar berhati – hati.

“Kami juga melakukan kegiatan jemput bola atau langsung memberikan imbauan kamseltibcar lantas di tempat umum. Semoga dengan kegiatan ini, kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap lalu lintas saat berkendara semakin meningkat,” pungkasnya. (rin/sla)

Pos terkait