Tanda – tanda Kamu Sedang Kecanduan TikTok

tiktok
Ilustrasi

Radarsampit.com – TikTok adalah Media Sosial yang populer di kalangan masyarakat terutama anak muda. Berbeda dengan Instagram atau X, aplikasi ini berbentuk konten audio visual vertikal sangat smartphone friendly. Durasi yang ditayangkan di TikTok pun terbatas.

Karena fitur-fitur tersebut memudahkan orang menonton banyak konten dengan waktu singkat. Bahkan banyak fitur yang diberikan TikTok seperti ada Toko online untuk berbelanja.

Bacaan Lainnya

Mesin pencarian untuk memudahkan pengguna, dan for your page (FYP) memfilter konten yang kemungkinan kita sukai.

Dikutip dalam Pinisi Journal of Education, seseorang yang sudah kecanduan TikTok memiliki faktor seperti kurangnya perhatian dari orang lain, stress atau depresi, gaya hidup, tidak bisa mengontrol diri dan kurangnya kegiatan, juga faktor lingkungan.

Orang sekitar yang juga pengguna aplikasi tersebut bisa mempengaruhi kita semakin kecanduan. Merasa sumber kebahagian dirinya berasal dari sini dan tidak akan merasa bersalah.

Ciri bahwa kamu kecanduan TikTok

Lupa Waktu

Akibat dari kebiasaan ini bisa membuat seseorang tidak produktif dan merasa waktu berlalu begitu cepat tanpa melakukan hal apapun. Bisa berdampak buruk seperti Malas, serta suka menunda.

Baca Juga :  Kapal Pinisi Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Daya Fokus Hilang

Membiasakan diri menonton TikTok yang hanya berdurasi rata-rata 15 Detik hingga satu menit, berakibat kita tidak fokus saat menonton sesuatu seperti film yang lama. Menjadi mudah bosan jika durasi tontonan lama

Berkurangnya Literasi

Konten yang sering dilihat dalam bentuk video singkat. Bahkan apa yang kita cari bisa rangkum dalam 1 video tanpa harus membaca buku panjang. Sehingga berkurangnya minat dalam literasi. Dan menjadi terbiasa membaca dalam bentuk visual dan rangkuman singkat.

Pengganti Google

Berawal dari apapun yang kita cari pasti ada di Google, tidak untuk sekarang yang mencari apapun langsung membuka Tiktok, karena dianggap lebih cepat dan praktis. Ini bisa dikatakan sudah ketergantungan tingkat awal.

Gelisah dan Mudah Marah

Merasa gelisah dan mudah marah jika tidak buka gadget dalam waktu singkat. Bagi orang yang sudah kecanduan andaikan tidak ada internet lalu tidak dapat membuka TikTok ia akan merasa kegelisahan yang tak terkontrol, bahkan bisa disadari orang sekitar.



Pos terkait