Tingkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Keliling

pustaka
LITERASI: Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bersama Komunitas Pensil Kita menyambangi Kelurahan Pahandut Seberang dengan perpustakaan keliling. (SABRI YANUR/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispursip) terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat Tambun Bungai.

Hal ini terwujud dengan adanya perpustakaan keliling yang menjangkau beberapa daerah di Kalteng, salah satunya di sudut Kota Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

Bekerjasama dengan Komunitas Pensil Kita, perpustakaan keliling menyambangi Kelurahan Pahandut Seberang, Jumat (29/03/2024).

Beberapa pemuda-pemudi dari Komunitas Pensil Kita berinteraksi dengan anak-anak sekitar lokasi. Mereka terlihat antusias sambil merujuk beberapa buku bacaan.

Febrianto Budiman dari pihak Dispursip Kalteng merupakan koordinator kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca warga,kita dibantu beberapa relawan yang tergabung dalam komunitas pensil kita. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa,” kata Febrianto.

Dengan menggunakan mobil yang telah didesain khusus untuk memuat beberapa buku bacaan, mereka rutin berkeliling Kota Palangka Raya. Menurutnya, anak-anak hingga remaja yang tertarik untuk singgah membaca.

Baca Juga :  Gelar Bazar, Polda Sediakan Ribuan Paket Sembako

“Kegiatan literasi bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran kota seringkali dihadapkan pada tantangan akses terhadap akses yang terbatas terhadap pendidikan dan informasi. Dengan literasi yang kuat akan membuka peluang pendidikan lanjutan maupun akses pekerjaan yang lebih baik,” tandasnya.

Menurut data survei Dispursip 2022 dan 2023 tingkat literasi masyarakat Kalteng mengalami peningkatan,walaupun telah beralih ke pola transformasi digital. Masyarakat lebih mempunyai keterampilan dalam memfilterisasi berita-berita hoax. (rm-107/fm)

 



Pos terkait