Tips Aman Berkendara Sepeda Motor saat Musim Hujan

hati hati berkendara motor di musim hujan

RadarSampit.com – Pengendara sepeda motor perlu berhati-hati saat memacu kendaraannya di musim hujan. Kewaspadaan perlu lebih ditingkatkan engingat kondisi jalan yang licin serta faktor lainnya yang berbeda dengan kondisi saat tidak hujan.

Mengingat pentingnya sepeda motor bagi kebanyakan mobilitas masyarakat Indonesia saat ini, Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan oleh para bikers supaya tetap aman berkendara motor saat cuaca hujan.

Bacaan Lainnya

Pertama, disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Kedua, gunakan helm dengan kaca yang terang atau clear visor, kaca helm atau visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

Baca Juga :  Fitur Edit Pesan Bakal Hadir di WhatsApp

Ketiga, pastikan juga untuk selalu menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

Ingat, jangan terburu-buru, santai saja. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

Keempat, operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman. penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

Terakhir jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.(JawaPos.com)

 

Pos terkait