UMKM Kotim Diharapkan Kian Tangguh dan Beromzet Besar

umkm kotim diharapkan tangguh
UMKM: Sekda Kotim Fajrurrahman melihat-lihat produk hasil karya pelaku UMKM. (DOK. YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendorong kebangkitan ekonomi di Kotim. Bahkan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kotim juga didorong agar berperan lebih besar dan bisa memiliki omzet besar.

”Pelaku UMKM kami dorong untuk bisa naik kelas menjadi pengusaha tangguh dan beromzet besar,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Fajrurrahman.

Bacaan Lainnya

Fahrurrahman menuturkan, UMKM memiliki potensi sangat baik dan dapat dikembangkan melalui kolaborasi bersama antarinstansi untuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam kebangkitan ekonomi.

Pemerintah, lanjutnya, terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar global. Misalnya melalui penyediaan fasilitas, seperti ruang pamer, kegiatan pengembangan desain, pelayanan pelaku usaha, informasi peluang pasar, bimbingan teknis, pendampingan, promosi, dan pemasaran.

”Para pelaku UMKM selalu kami libatkan dalam kegiatan pemerintahan maupun instansi lainnya, sebagai salah satu sarana promosi produk mereka agar semakin dikenal masyarakat luas,” katanya.

Baca Juga :  IWABRI Sampit Berbagi Sembako untuk Ponpes dan Kaum Dhuafa

Dia melanjutkan, Pemkab Kotim juga mendukung pelaksanaan kegiatan sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi di Kotim yang melibatkan pelaku UMKM. Hal tersebut sebagai langkah yang tepat dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

”Pemkab Kotim ingin mendorong para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan era digitalisasi. Untuk itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) agar membantu para pelaku UMKM supaya produk lokal bisa terdaftar,” katanya.

Apalagi, tambahnya, saat ini sudah era digitalisasi. Nantinya, produk UMKM dimasukkan katalog lokal, sehingga apabila satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) menggelar kegiatan, mereka membeli konsumsi, seperti aneka kue di UMKM melalui e-katalog. (yn/ign)

Pos terkait