Upaya Ciptakan Produk Pers Berkualitas

ukw
UJI KOMPETENSI: Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan -19 di Palangka Raya yang digelar selama dua hari berturut-turut, Jumat dan Sabtu (18/11/2023) di Hotel Luwansa. (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan -19. Kegiatan yang digelar selama dua pada Jumat dan Sabtu (18/11) tersebut diikuti 35 peserta dari kalangan jurnalis se-Kalteng.

Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat Faturahman mengapresiasi puluhan peserta yang mengikuti UKW hingga akhir dan dinyatakan kompeten. Meskipun ada beberapa di antaranya belum kompeten.

Bacaan Lainnya

Meskipun sudah kompeten, lanjutnya, jangan sampai wartawan melakukan kegiatan yang justru merendahkan martabat wartawan. Hal itu bisa dikategorikan sebagai pelanggaran kode perilaku wartawan.

”Contohnya wartawan menipu. Jadi, UKW ini biar produk media berkualitas, maka harus paham dengan aturan. Wartawan harus memberikan edukasi anti hoaks,” tegasnya.

Wakil Ketua PWI Kalteng M Zainal mengatakan, pelaksanaan UKW sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) wartawan, sehingga terus berada di koridor sesuai aturan pers dan memberikan dampak baik bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pekerja Ini Selamat dari Ledakan Tongkang gara-gara Ini

”Betapa pentingnya UKW untuk integritas sebagai wartawan, meningkatkan kualitas diri, dan profesi. UKW bukan hanya suatu kewajiban, tetapi peningkatan kualitas diri,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait