Volume Sampah di Sampit Meningkat Jelang Natal dan Tahun Baru

depo sampah
MELUBER:  Sampah di depo mini Jalan Tidar yang meluber hingga mendekati pagar depo, Jumat (22/12/2023). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com  Angkutan yang tak maksimal ditambah volume sampah yang meningkat menjelang perayaan Natal 25 Desember 2023, mengakibatkan sampah di beberapa depo meluber. Salah satunya depo mini di Jalan Tidar, Sampit.

Sampah terlihat meluber memenuhi areal depo hingga mendekati pagar depo. Sampah di depo ini terus bertambah dan tidak banyak berkurang selama beberapa pekan terakhir. Padahal, kabarnya sampah tersebut rutin diangkut, namun tidak maksimal, sehingga terus menumpuk.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Machmoer melalui Yayat Hidayat, Kepala Seksi Penanganan Sampah DLH Kotim, mengatakan, pihaknya sudah sering menegur petugas angkut sampah agar mengangkut sampah di tiap depo minimal dua kali angkut atau dua rit menggunakan dump truk. Namun, petugas angkut sampah beralasan angkutan sampah yang kedua tidak penuh, sehingga sampah tidak maksimal terangkut.

”Sampah di semua depo diangkut setiap hari, kecuali Jumat. Setiap depo minimal angkut dua rit per hari. Kadang petugas angkut sampah, saat angkutan kedua alasannya gak penuh, jadi ditinggal dan dilanjutkan besok,” kata Yayat, Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga :  Petugas Damkar Bersertifikat di Kotim Masih Minim, Tekon Siap-siap Tereliminasi pada 2023

”Padahal ini sudah sering saya tegur. Kalau angkutan kedua sudah penuh, setidaknya sampah yang berserakan dikumpulkan masuk ke dalam areal depo, jangan sampai berserakan sampai ke pagar. Ini akan kami perbaiki sistemnya,” tambahnya.

DLH Kotim telah memiliki petugas kebersihan masing-masing satu orang yang tugasnya membersihkan sampah di depo. Instansi itu telah membangun dan menyediakan empat depo besar di Jalan Pelita, Tartar, dan belakang Swalayan Bintang. Ketiga depo besar ini berlokasi di wilayah Kecamatan MB Ketapang dan satu depo besar lainnya di Jalan Cristopel Mihing, Kecamatan Baamang.

DLH Kotim juga menyediakan lagi tiga depo mini di Kecamatan Baamang di Jalan Tidar, Sampurna, dan Antang, serta satu TPS 3R di Jalan Kopi Selatan yang termasuk wilayah Kecamatan MB Ketapang. Total ada 4 depo besar, 3 depo mini, dan satu TPS 3R  yang disediakan Pemkab Kotim.



Pos terkait