Warga Camba Tagih Janji Plasma, Kades dan BPD Ikut Demo

demo desak plasma
TUNTUT PLASMA: Warga Desa Camba melakukan aksi menuntut realisasi plasma pada perkebunan di wilayah mereka, Senin (12/9). (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Warga Desa Camba, Kecamatan Kotabesi, menuntut realisasi kebun plasma 20 persen kepada sejumlah perusahaan. Mereka melakukan aksi demonstrasi di areal perkebunan di wilayah desa mereka. Ada empat perusahaan yang didesak merealisasikan plasma karena dinilai masuk wilayah administrasi desa tersebut.

”Sejak tahun 2010, kami menunnggu janji ini, tapi belum ada realisasinya. Maka kami melakukan aksi,” kata Kepala Desa Camba Iyansen, Senin (12/9).

Bacaan Lainnya

Mereka menuntut agar perusahaan menuntaskan janji plasma tersebut. Selain plasma, mereka juga menuntut program CSR perusahaan direalisasikan. Selama ini, pihaknya hanya melihat invetsasi di wilayah desa mereka.

Demo kali ini cukup menarik perhatian. Pasalnya, kepala desa dan BPD kompak menagih plasma tersebut. Kades menjamin massa tak akan anarkis. Pihaknya hanya ingin menyampaikan tuntutan dan meminta perusahaan tidak menganggap remeh warga yang selama ini diam dengan sikap perusahaan yang tidak peduli akan kewajibannya tersebut.

Baca Juga :  Sekolah Diminta Perketat Prokes PTM, Jika Ada Penularan, Langkah Tegas Ini Bakal Diambil

”Kami dari desa telah mengundang tiga kali untuk mediasi dengan perusahaan. Akan tetapi, niat baik kami itu tidak pernah ditanggapi perusahaan,” ujar Iyansen.

Sementara itu, demo tersebut juga dihadiri Assisten I Pemkab Kotim Diana Setiawan, Assisten II Alang Arianto, Kabag SDA Kotim Rodi Kamislam, Camat Kotabesi Gusti Mukahfi, Kapolsek Kotabesi, dan Koramil (Danramil) setempat.

Dalam pertemuan tersebut, Iyansen diberi kesempatan menyampaikan tuntutan mereka. Sempat terjadi adu mulut antara warga dengan Assiten I dan II, karena warga ingin bicara menyampaikan pendapatnya.

Pos terkait