Waspada, Buaya Bermunculan di Muara Pendulangan

ilustrasi buaya
ilustrasi buaya

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kemunculan buaya bukan hanya di permukiman bantaran Sungai Arut, tetapi juga berkeliaran di muara sungai, Desa Tanjung Putri, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Buaya jenis muara yang terkenal ganas tersebut bahkan berani mendekati perahu-perahu pemancing yang labuh sauh di rerimbunan pohon Nipah kawasan muara pendulangan.

Bacaan Lainnya

Muara pendulangan memang dikenal sebagai spot yang banyak udangnya, sehingga menjadi tujuan pemancing.

Salah seorang penghobi mancing, Acek Dido mengatakan, buaya jenis muara yang berenang di samping perahu mereka terbilang cukup besar, diperkirakan hingga 4 meter.

“Saat kami rekam, bukannya menjauh buaya justru mendekat ke arah perahu kami, dan kemudian menyelam ke dalam air, seketika kami langsung pindah spot,” ujarnya.

Diakuinya beberapa pemancing memang kerap melihat buaya-buaya di muara pendulangan, namun tidak pernah mengganggu pemancing.

Kendati demikian, ia meminta kepada para pemancing untuk berhati-hati dan jangan lengah bila sedang memancing.

Baca Juga :  Buaya Sungai Mentaya Serang Warga Lagi  

“Jangan lengah, dan tetap waspada terhadap buaya muara, bila menjumpai usahakan tenang dan setelah itu menghindar ke tempat yang lebih aman,” imbaunya.

Pemancing lainnya Yadi berharap agar penghobi yang memancing di pendulangan agar menggunakan perahu yang besar agar lebih aman bukan hanya aman dari serangan buaya tetapi juga dari gelombang.

“Jangan gunakan perahu kecil, lebih aman perahu yang besar dan lebih leluasa tentunya,” pungkasnya. (tyo/sla)



Pos terkait