Waspada, Sungai Katingan dan Samba Meluap

Banjir
Kondisi ketinggian banjir yang merendam wilayah Kecamatan Katingan Tengah, baru-baru ini.(ist)

KASONGAN, RadarSampit.com – Sungai Katingan kembali meluap. Akibatnya, sejumlah fasilitas umum dan pekarangan rumah warga di wilayah Katingan Tengah terendam banjir.

Camat Katingan Tengah Yobie Sandra membenarkan banjir yang sudah merendam wilayahnya. Kejadian ini terjadi sejak Kamis 30 Juni 2022 dan debit air dari DAS Katingan,  mengalami kenaikan dari biasanya.

Bacaan Lainnya

“Iya banjir ini terjadi sejak hari kemarin Kamis. Namun, ketinggian banjir tidak sampai merendam pemukiman warga dan hanya sekitar 30 sentimeter saja, ” ungkapnya, Jumat (1/7).

Yobie juga menyebutkan, banjir ini dipicu karena dalam satu pekan belakangan terjadi hujan yang cukup deras. Ditambah lagi, di Kecamatan Katingan Tengah ini terdapat dua jalur sungai yakni Sungai Katingan dan Sungai Samba. Namun, kedua sungai ini masih belum dapat menampung debit air sungai yang meluap.

” Untuk saat ini, banjir masih tidak sampai merendam pemukiman warga. Terutama di wilayah Tumbang Samba, Samba Danum, dan Samba Bakumpai, ” sebutnya.

Baca Juga :  Lumpuh di Jalur Paling Vital, Angkutan Bus Tetap Operasional

Ia menegaskan, namun ada sejumlah pekarangan rumah warga yang terendam banjir. Pasalnya, ada yang terletak di wilayah dataran yang sangat rendah.

Sejauh ini lanjut Yobie, pihak kecamatan terus melaporkan kondisi banjir secara intensif kepada pemerintah kabupaten dan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan. Selain itu monitoring terus dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya banjir tersebut.

”Kami belum berani memastikan apakah banjir yang terjadi di Katingan Tengah kiriman dari Desa Tanjung Batik, Kecamatan Bukit Raya, yang sebelumnya terjadi banjir lebih dulu,” pungkasnya. (sos/gus)

Pos terkait