Wujudkan Kampung Hortikultura di Cempaga Hulu

Kelompok Tani Lintang Batang Hortifarm Berikan Pelatihan Agrobisnis Hortikultura

Kelompok Tani Lintang Batang Hortifarm Berikan Pelatihan Agrobisnis Hortikultura
PELATIHAN: Kelompok Tani Lintang Batang Hortifarm (LBH) menyelenggarakan pelatihan agrobisnis hortikultura di kawasan agrowisata Jalan Tjilik Riwut KM 79, Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, Sabtu (11/12). (HENY PUSNITA/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Kelompok Tani Lintang Batang Hortifarm (LBH) menyelenggarakan pelatihan agrobisnis hortikultura di kawasan agrowisata Jalan Tjilik Riwut KM 79, Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, Sabtu (11/12).  Pelatihan ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Bupati Kotim Halikinnor beserta sejumlah pejabat Pemkab Kotim.

“Terima kasih kepada manajemen Lintang Batang Hortifarm untuk perhatiannya kepada masyarakat yang telah memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan budidaya tanaman hortikultura,” kata Halikinnor.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Lintang Batang Hortifarm membuktikan kepada masyarakat bahwa petani perlu memberikan alternatif usaha di bidang hortikultura khususnya tanaman buah-buahan. Seperti diketahui, Kelompok Tani Lintang Batang Hortifarm yang berdiri sejak tahun 2015 lalu telah sukses mengembangkan budidaya tanaman hortikultura di lahan seluas 135 hektare yang ditanami  pohon durian, sawo, kelengkeng, jambu kristal, lemon, alpukat, rambutan, mangga, belimbing, kelapa kopyor dan lain-lain.

Baca Juga :  Libur Lebaran Tempat Wisata Tutup

Selama enam tahun berjalan, petani telah menghasilkan panen buah yang berlimpah yang dijual  di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Palangkaraya, dan Banjarmasin.

“Tanaman hortikultura ini dapat menjadi peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Diharapkan melalui LBH, para petani dapat ikut mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan dan mengurangi ketergantungan impor buah,” kata Halikinnor.

Selain itu, pelatihan agribisnis hortilultura ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang budidaya tanaman hortikultura, teknik menanam, perawatan hingga pemasaran.

“Saya berharap petani di daerah Kotim dapat terus mengembangkan usahanya dibidang pertanian dan menerima hasil panen yang memuaskan yang dapat meningkatkan pendapatan para petani,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Ardian Mustika Prahara mengatakan, pelatihan hortulikultura merupakan upaya untuk memberdayakan masyarakat yang bertujuan memberikan pemahaman, keterampilan teknis budidaya hortikultura, dan pengetahuan tentang agribisnis hortikultura.



Pos terkait