Alat Berat Dikerahkan ke Lingkar Selatan, Garap Permintaan Perusahaan Soal Ini

pengerukan drainase lingkar selatan sampit
NORMALISASI: Alat berat melakukan normalisasi drainase di jalan lingkar selatan Kota Sampit, Kamis (4/8). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur merespons permintaan perusahaan terkait penanganan jalan lingkar selatan Kota Sampit. Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Kotim melakukan perataan jalan dan pembenahan drainase dengan menurunkan alat berat dan dua pegawai teknisnya.

”Petugas kami sudah mulai bekerja melakukan normalisasi saluran drainase di jalur lingkar selatan. Kami harapkan kegiatan normalisasi ini dapat segera selesai sebelum material agregat kelas B didatangkan pihak perusahaan,” kata Plt Kepala Dinas PUPRKP Kotim Kaspulzen Heriyanto, Kamis  (4/8).

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Jalan Dinas PUPRKP Kotim Rony Ilmiawan melalui Pengawas Teknis Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kotim Suhardiyono mengatakan, normalisasi drainase di ruas jalur lingkar selatan akan dilakukan di sepanjang 1.600 meter pada sisi kanan dan kiri.

”Saya targetkan penanganan normalisasi saluran drainase bisa selesai kurang lebih seminggu. Dari pagi sampai siang sudah ada sekitar 500 meter saluran yang sudah dinormalisasi (dilakukan pengerukan gulma dan rerumputan, Red). Kalau sampai sore saya perkirakan bisa menyelesaikan 700 meter di satu sisi saja,” kata Suhardiyono.

Baca Juga :  Sentra Perikanan di Desa Seri Ijum Raya Bantu Ekonomi Keluarga

Dia melanjutkan, sisi kanan dan kiri dilakukan normalisasi. Untuk mencegah genangan air hujan tidak ke tengah jalan, rencananya akan dipasang pipa berdiameter 50 cm dengan harapan agar mengurangi kubangan dan genangan air pada dataran yang cekung agar air tidak lari ke jalan.

Pantauan Radar Sampit, saluran drainase yang dinormalisasi selebar dua meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Banyak tumpukan rumput yang menutupi di sepanjang saluran.

”Sambil menunggu kiriman sumbangan agregat dari pihak perusahaan, kami selesaikan penanganan saluran drainase. Semoga saja sebelum material datang, pekerjaan normalisasi saluran drainase sudah selesai dikerjakan, sehingga bisa lanjut mengerjakan penimbunan dan perataan ruas jalan jalur lingkar selatan,” katanya.

Suhardiyono berharap sebelum 21 Agustus mendatang, pekerjaan perbaikan penimbunaan dan perataan ruas jalur lingkar selatan dapat dilewati dengan aman dan lancar. ”Semoga saja material cepat didatangkan, sehingga bisa lekas dikerjakan proses penimbunan dan perataan jalan. Saya berharap dalam dua minggu kedepan, sebelum kegiatan Pawai Pembangunan, jalur lingkar selatan sudah bisa dilewati pengendara dengan aman dan lancar, sehingga mengurangi penumpukan antrean lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman pada saat kegiatan pawai berlangsung,” ujarnya.



Pos terkait