Arus Balik Akan Berlangsung Lebih Panjang

Terdapat 25 Kedatangan Kapal hingga H+15 Lebaran

arus balik
ARUS BALIK: Arus balik lebaran di Pelabuhan Panglima Utar Kumai mulai berdatangan. Hingga H+15 lebaran disiapkan 25 kedatangan kapal dan mengangkut kuota penumpangnya 26.909 orang. (RONY/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Arus balik Lebaran 1444 Hijriah melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai diprediksi bakal ramai. Ada 25 kedatangan kapal yang bakal mengangkut 26.909 orang dari Jawa terhitung H+1 hingga H+15 Lebaran.

Kepala KSOP Kumai Hary mengatakan, arus balik tidak seperti arus mudik. Saat mudik masyarakat banyak mengejar momen Idulfitri di kampung. Sedangkan arus balik berlangsung lebih lama.

“Ada tiga operator kapal yang melayani arus balik yakni PT Pelni, PT Dharma Lautan Utama, dan PT ASDP,” kata Hary.

Tiga operator kapal ini bakal melayani 25 kunjungan dengan kapasitas penumpang mencapai 26.909 orang terhitung H+1 hingga H+15 Lebaran.

“Jika dilihat jumlah arus balik ini lebih sedikit karena ada pengurangan satu operator kapal yakni KM Niki Barokah yang biasa melayani Kumai Surabaya belum ada konfirmasi soal kedatangan kapal,” ujarnya.

Arus balik melalui Kumai hingga H+6 Lebaran baru mencapai 2.000-an penumpang. Jumlah ini bakal terus meningkat hingga H+15 lebaran. “Posko Lebaran kita siapkan sampai H+15 Lebaran. Setelah itu arus balik tetap dilayani, bahkan bisa berlangsung lama,” bebernya. (rin/yit)



Baca Juga :  Satlantas: Sepeda Listrik Dilarang Melintas di Jalan Raya

Pos terkait