ATLM Patelki Kalteng Siap Sukseskan Program Percepatan Eliminasi TBC Tahun 2030

DPW Patelki Kalteng Gelar Seminar, Baksos, dan Rakerwil III di Pantai Ujung Pandaran

patelki
SEMINAR: DPW Persatuan Ahli Tenaga Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) menggelar seminar ilmiah dengan tema ”ATLM bersinergi menyehatkan negeri melalui update program percepatan eliminasi TBC (Tuberkulosis) tahun 2030” di ABHS, Sabtu (20/5).

SAMPIT, radarsampit.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Ahli Tenaga Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) menggelar seminar ilmiah dengan tema “ATLM bersinergi menyehatkan negeri melalui update program percepatan eliminasi TBC (Tuberkulosis) tahun 2030,” di ruang Dynasty Aquarius Boutique Hotel Sampit, Sabtu (20/5).

Seminar yang dihadiri 60 peserta secara luring dan secara daring (zoom meeting) sebanyak 201 peserta dari para Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang bertugas tersebar di Provinsi Kalimantan Tengah.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Kegiatan seminar dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Umar Kaderi.

”Saya ucapkan selamat kepada DPW Patelki Kalteng yang sudah menyelenggarakan seminar ini di Kota Sampit, kami berharap dengan diadakannya seminar dapat semakin menambah kompetensi para ATLM yang bertugas di laboratorium,” kata Umar Kaderi.

Baca Juga :  Ribuan Tenaga Kontrak Kotim Bisa Bernapas Lega

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Seminar Rinny Ardina mengatakan DPW Patelki Kalteng mengusung tema dalam seminar terkait situasi terkini program eliminasi TBC di daerah dan kendala-kendala yang dihadapi, mengenalkan profil pemeriksaan TBC di laboratorium rumah sakit dan memberikan materi tentang alur pemberian Satuan Kredit Profesi (SKP) bagi ATLM yang terlibat langsung dalam program pengendalian TBC.

“Per 12 April 2023 DPP Patelki memberikan penghargaan berupa SKP kepada seluruh ATLM yang terlibat dalam pelayanan program TBC. SKP itu diberikan setiap setahun sekali dengan jumlah poin SKP disesuaikan dengan jenis kegiatan yang terakumulatif selama setahun,” kata Rinny.

rakerwil patelki
RAKERWIL: Kegiatan Rakerwil III yang dilaksanakan Sabtu, (20/5), pukul 19.00 WIB di Camp Kobes Ujung Pandaran, Kotim.

Sekedar diketahui, SKP menjadi salah satu syarat dalam perpanjangan Surat Tanda Registrasi (STR). Setiap ATLM atau anggota Patelki harus mengumpulkan minimal 25 SKP dalam kurun waktu 5 tahun. SKP tersebut dapat diperoleh salah satunya dengan mengikuti seminar seperti yang diselenggarakan DPW Patelki Kalteng.



Pos terkait