BEM se-Kalteng Komitmen Ciptakan Pemilu Damai

bem
DEKLARASI: Gabungan BEM se-kalteng saat melakukan deklarasi Pemilu Damai di Tugu Soekarno Palangka Raya. (istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kalimantan wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) berkomitmen bersama-sama untuk menciptakan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) Damai.

Komitmen tersebut dideklarasikan bersama mendeklarasikan sebagai upaya untuk meredam kondisi eskalasi politik yang semakin tinggi jelang digelarnya Pemilu 2024 yang digelar beberapa hari lagi atau tepatnya pada 14 Februari mendatang.

Bacaan Lainnya

“Kami mengajak kepada masyarakat khususnya mahasiswa untuk menjadi bagian dari terlaksananya proses demokrasi yang bermartabat, serta tidak mudah terhasut dan terpolarisasi atas isu ataupun perbedaan yang ada,” kata Koordinator Wilayah Kalteng BEM se-Kalimantan, Arif Bayu Basyariman.

bem 1

Menjaga kelancaran Pemilu ini menjadi tugas semua pihak untuk menciptakan pesta demokrasi yang aman, nyaman, dan berpartisipasi masyarakat menciptakan pemilu 2024 ini dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Pemilu 2024 ini disambut dengan baik, aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa adanya hoaks untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat, serta menolak dengan tegas adanya politik uang dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif,” katanya menegaskan.

Baca Juga :  Kepala Daerah Dilarang Tinggalkan Wilayah sampai Karhutla Terkendali

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya juga mendukung peran TNI dan Polri untuk bersikap netral sebagai penegak kedaulatan dan pelindung serta pengayom masyarakat karena sejatinya dua institusi itu bertugas melakukan pemeliharaan keamanan agar tetap kondusif di wilayah Kalteng.

“Jangan sampai pesta demokrasi yang tengah berlangsung menciptakan perselisihan atau konflik dalam Pemilu 2024, mari ciptakan iklim politik yang aman, nyaman, dan damai di Kalteng,” pungkasnya. (sho)



Pos terkait