Cuaca Tak Menentu, Hati-Hati Melaut

Aktivitas beberapa nelayan di Sukamara ketika memancing ikan di laut, dengan menggunakan perahu tradisional.(istimewa)

SUKAMARA – Kondisi dan cuaca di laut wilayah Sukamara saat ini tak menentu karena memasuki musim angin tenggara. Lantaran itulah, pihak Dinas Perikanan (Diskan) Sukamara mengingatkan kepada para nelayan wilayah Kabupaten Sukamara agar mewaspadai kondisi cuaca di perairan wilayah tangkap dan tidak memaksakan diri melaut apabila cuaca tidak memungkinkan.

“Cuaca tidak menentu dan dapat membahayakan nelayan, kami ingatkan agar tetap berhati-hati dan waspada saat mencari ikan,” imbau Kepala Diskan Sukamara, Fandedi.

Menurutnya, dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh nelayan, memang mereka sudah mengerti dan dapat memperkirakan waktu yang tepat apabila ingin melaut. Meski demikian cuaca mudah berubah sewaktu-waktu, sehingga nelayan diminta tidak memaksakan apabila kondisi cuaca tidak mendukung.

“Mereka umumnya menggunakan perahu dengan tonase kecil dan wilayah tangkap juga hanya sekitar pesisir pantai, sehingga jika kondisi kurang mendukung dapat kembali ke pesisir dengan cepat,”ujar Fandedi.

Dilain pihak, salah seorang nelayan, Usman menjelaskan jika kondisi cuaca kurang baik maka nelayan memilih tidak melaut. Jika pun ada, maka mengambil waktu-waktu tertentu dan biasanya hanya sebentar serta selalu waspada terhadap perubahan cuaca yang setiap saat bisa terjadi.

“Tetapi tetap waspada dan melihat situasi cuaca. Nelayan sudah memahami bagaimana kondisi cuaca di laut,” tandasnya.(fzr/gus)

 

 

 

 

 

Pos terkait