Disdik Palangka Imbau Warga Waspadai Oknum Calo PPDB 2024

aprae vico ranan
Aprae Vico Ranan, Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Dalam waktu dekat ini penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan digelar.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya mengingatkan masyarakat maraknya praktik percaloan saat PPDB 2024 yang bisa merugikan.

Bacaan Lainnya

Disdik menekankan, para orang tua untuk tidak menggunakan praktik ilegal tersebut agar bisa memasukan anaknya di sekolah-sekolah tertentu.

Disdik juga memastikan hal utama dalam penerimaan adalah zona,afirmasi dan prestasi. Yang berpatokan kepada Kartu Keluarga tidak lagi menggunakan keterangan domisili dari Ketua RT.

“Saya sampaikan jangan sampai terlibat calo. Disdik tegas atas hal tersebut.  jika calon peserta didik (CPD) untuk dapat diterima di sekolah yang diinginkan, harus jeli melihat jarak alamat rumah dengan sekolah yang diinginkan,” ujar Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan, Jumat (17/5/2024).

Baca Juga :  Bertekad Keluar Zona Degradasi

Ia menekankan, pentingnya kehati-hatian dalam menghadapi oknum-oknum yang  memanfaatkan kesempatan dalam PPDB untuk kepentingan pribadi. Dengan mengingatkan sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal.

Sistem tersebut diatur dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dan ditujukan agar tak ada sekolah-sekolah yang dianggap sekolah favorit dan non-favorit.

“Dalam rangka menjaga keadilan dan transparansi, kami menyerukan kepada  seluruh peserta didik dan orang tua untuk waspada terhadap upaya calo  dalam proses PPDB,” kata Aprae Vico Ranan.

Lebih lanjut, sambung Aprae Vico Ranan, peserta didik dan orang tua juga  diminta untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti proses  PPDB.

“Kami sarankan agar peserta didik memahami persyaratan dan prosedur yang  berlaku serta memastikan bahwa mereka tidak terlibat dalam perbuatan  calo yang dapat merugikan pihak lain,” tegasnya.

Dia menuturkan, bahwa Disdik setempat siap untuk mengambil tindakan  tegas apabila ada indikasi atau laporan terkait praktik calo dalam PPDB  tahun ini.



Pos terkait